Federer tersingkir, Djokovic ke semifinal Wimbledon

Pupuslah asa Roger Federer mempertahankan gelar Wimbledon. Unggulan utama asal Swiss ini tersingkir pada babak perempat final grand slam lapangan rumput ini, Rabu (11/7/2018).

Petenis Afrika Selatan, Kevin Anderson, yang menghentikan langkah Federer. Dalam duel berdurasi empat jam 13 menit, unggulan kedelapan ini, yang merupakan finalis US Open 2017, menang 2-6, 6-7 (5-7), 7-5, 6-4, 13-11.

Federer, yang mengincar gelar ke-21 grand slam, sebenarnya sudah dalam posisi yang bagus untuk menang straight set. Sayang, dia membuang satu peluang match point pada set ketiga sehingga angin keberuntungan berbalik menaungi Anderson, yang akan bertemu petenis Kanada Milos Raonic atau John Isner (Amerika Serikat), pada babak semifinal.

Sepanjang karier, Federer sudah memenangi delapan gelar Wimbledon dan menjadi pengoleksi gelar terbanyak turnamen ini untuk sektor tunggal putra. Namun, dia tengah berupaya mengejar prestasi Martina Navratilova sebagai pemegang rekor sepanjang masa (9 gelar).

Djokovic capai semifinal pertama sejak 2015

Pada pertandingan lain, Novak Djokovic meraih kemenangan 6-3, 3-6, 6-2, 6-2 atas petenis Jepang, Kei Nishikori. Ini menjadi semifinal pertama Djokovic sejak 2015 dan dia menebar ancaman sebagai penantang serius untuk menjadi juara.

“Saya merasa hebat masuk empat besar grand slam. Saya berusaha bangkit dalam beberapa pekan terakhir. Ini bukan kali pertama saya masuk semifinal di sini tetapi saya akan berusaha menikmati kemenangan ini,” ujar Djokovic dikutip dari BBC.

Selanjutnya, mantan pemain nomor satu dunia ini akan bertemu rivalnya dari Spanyol yang kini peringkat satu dunia, Rafael Nadal, atau petenis Argentina, Juan Martin del Potro. Dua pemain yang disebutkan terakhir ini sedang bertarung.

Comments