Kiat sederhana Venus Williams untuk bertahan

Petenis 37 tahun, Venus Williams masih bertahan di kejuaraan Miami Open setelah menyingkirkan juara bertahan Johanna Konta (27/3). Venus memaksa Konta bermain dalam tiga set sebelum akhirnya menang dengan skor 5-7, 6-1, 6- 2. Venus masih tetap tampil prima walau bermain dalam dua jam dan 19 menit.

Tak heran, pertanyaan yang menyasar pada Venus adalah seputar usianya yang sudah tak lagi muda. “Saya tidak melihat apa yang harus dilakukan oleh 37 tahun,” jawab Venus singkat. “Dia (Konta) tidak bisa mendapatkan ritme permainannya, dan itu yang membantu saya, semua lawan saya buat sulit sehingga tidak ada pertandingan yang mudah,” tambahnya.

Ini menjadi pertandingan kedua untuk Venus di Miami Open yang dilalui dengan cukup panjang. Hanya sehari sebelumnya, Venus menghabiskan tiga jam untuk bisa menaklukan Kiki Bertens.

Setelah pertandingan melelahkan, Venus harus bertemu dengan Konta yang mengawali pertandingan dengan mematahkan servis Williams lebih dulu. Namun Williams menghadapi lebih banyak breakpoint di set ketiga. Berkat beberapa servis yang kuat, ia berhasil petenis yang usianya terpaut 11 tahun lebih muda.

Konta sendiri tidak memiliki jawaban atas kekalahannya dari Venus. “Saya pikir itu inspiratif untuk melihat berapa lama Venus telah bermain dan berapa banyak dia masih jelas lapar berada di luar sana dan untuk bersaing,” kata Konta soal ketahanan lawannya itu.

Usia yang tak lagi muda sering kali jadi pertanyaan untuk Venus. Tak cuma soal usia, ia selalu dibandingkan dengan rival yang juga adiknya sendiri, Serena. Belum cukup dengan rivalitas, Venus juga menderita Sjogren’s Syndrome, yang merupakan gangguan sistem imunitas.

Saat banyak mantan pemain memilih gantung raket, ia justru sebaliknya. Tahun lalu, Venus Williams kembali ke jajaran top 10 petenis elit dan tampil dalam dua final Grand Slam final. Sayangnya belum ada gelar apapun yang diraihnya setelah kembali mendominasi dunia tenis putri selama dua tahun terakhir ini.

Setelah dua dekade berkiprah, belum ada tanda-tanda Venus akan mundur. Pemikirannya cukup sederhana bahwa setiap pertandingan ada dua orang yang berlawanan yang sama-sama ingin meraih kemenangan. “Anda harus berjuang untuk setiap poin,” tambah Venus. Dari prinsipnya yang cukup sederhana ini, sulit ditebak kapan ia akan menyerah.

Comments