Navratilova terkejut McEnroe dibayar 10 kali lipat

Mantan petenis top dunia, Martina Navratilova, mengaku sangat terkejut menemukan fakta soal bayaran antara dirinya dengan John McEnroe sebagai komentator dalam siaran BBC untuk turnamen Wimbledon. Pasalnya, McEnroe menerima 10 kali lebih besar dari dirinya.

Navratilova mengatakan bahwa McEnroe menghasilkan setidaknya 150.000 poundsterling (sekitar Rp 2,898 miliar). Bandingkan dengan apa yang dia peroleh hanya 15.000 poundsterling (sekitar Rp 289,782 juta). Penemuan itu berdasarkan daftar tahun lalu mengenai pendapatan terbesar presenter dan jurnalis.

Perusahaan Inggris berada di bawah pengawasan yang ketat soal struktur pembayaran dan BBC mendapat kritik dari para wanita yang mengeluh dibayar lebih rendah dibandingkan kaum pria. Padahal, pekerjaan mereka setara.

“Kecuali John McEnroe melakukan banyak hal di luar Wimbledon, dia mendapatkan setidaknya 10 kali lebih banyak uang untuk pekerjaan yang sebanding,” ujar Navratilova dalam wawancara untuk ditayangkan di Panorama, program investitasi BBC, Senin (19/3/2017).

Peraih sembilan gelar Wimbledon ini mengatakan bahwa dirinya diberitahu mendapatkan jumlah yang sama dengan rekan pria. Nyatanya, hal tersebut tidak sesuai.

Namun, Panorama memperkirakan McEnroe tampil tiga kali lebih banyak selama Wimbledon sehingga terdapat perbedaan besaran bayaran.

McEnroe, peraih tiga gelar Wimbledon, tidak langsung memberikan komentar. BBC Sport mengatakan bahwa McEnroe dan Navratilova memiliki peran yang berbeda di dalam tim.

Comments