Nadal mundur, Isner jadi pengganti pada ATP Finals

Rafael Nadal mundur dari turnamen akhir musim, ATP Finals, yang mulai berlangsung Minggu (11/11/2018) di London. Cedera memaksa pemain kidal asal Spanyol tersebut menarik diri.

Kondisi tersebut memastikan Novak Djokovic tetap menempati peringkat satu dunia hingga akhir tahun ini. Petenis asal Serbia tersebut kembali ke singgasana tunggal putra pada Senin (5/11/2018), setelah absen selama dua tahun.

 

Dengan demikian, Djokovic menjadi petenis pertama sejak diperkenalkannya sistem peringkat ATP pada 1973, yang mampu naik dari peringkat di luar 20 besar ke peringkat satu hanya dalam satu musim.

Nadal tak bisa memaksakan diri terlibat dalam turnamen yang mempertemukan delapan petenis top. Juara French Open 2018 ini mengaku masih mengalami masalah pada otot abdominal dan juga cedera pergelangan kaki, yang membuatnya mundur dari turnamen Paris Masters pada pekan lalu.

“Sayangnya saya mengalami cedera abdominal di Paris pekan lalu dan juga cedera pergelangan kaki yang memaksa saya harus menjalani operasi hari ini,” kata Nadal melalui akun Twitter miliknya.

“Saya berharap akan tampil dalam kondisi baik pada musim depan.”

Posisi Nadal akan digantikan petenis jangkung asal Amerika Serikat, John Isner. Sementara itu petenis Jepang, Kei Nishikori, akan menggantikan posisi petenis Argentina, Juan Martin del Potro, yang juga mundur akibat cedera lutut.

Comments