Federer jaga asa lolos ke semifinal ATP Finals

Roger Federer menjaga asa lolos ke semifinal ATP Finals setelah mengalahkan Dominic Thiem dalam laga kedua penyisihan Grup Lleyton Hewitt. Petenis Swiss ini menang straight set 6-2, 6-3 dalam pertandingan di The O2 Arena, London, Inggris, Rabu (14/11/2018).

Andai kalah dari petenis Austria tersebut, Federer dipastikan tersingkir. Pasalnya, pada pertandingan pertama, Senin (12/11), Federer kalah 6-7 (4-7), 3-6 dari petenis Jepang, Kei Nishikori.

Selanjutnya, Federer akan bertemu petenis Afrika Selatan, Kevin Anderson, yang sudah membukukan dua kemenangan. Terbaru, Anderson menang 6-0, 6-1 atas Nishikori pada Selasa (13/11).

“Saya sangat gembira karena memperlihatkan reaksi bagus setelah pertandingan terakhir,” ujar Federer kepada Sky Sports.

“Hari ini saya lebih positif dan senang berada di atas lapangan. Saya senang bermain di London dan saya harus mengingatkan diri sendiri betapa istimewanya itu. Saya harus memperlihatkannya.”

Secara matematis, empat pemain di grup ini masih memiliki peluang lolos. Andai Federer menang atas Anderson dan Nishikori mengalahkan Thiem, maka jumlah set dan game akan menjadi penentu tiga pemain ini (Federer, Anderson dan Nishikori) maju ke babak selanjutnya.

Bahkan, ada skenario Federer lolos meski kalah dari Anderson. Catatannya, jika Federer kalah tiga set tetapi pada laga lain Thiem menang straight set atas Nishikori maka dia berhak maju.

Comments