Roger Federer kembali ke peringkat pertama dunia

 

Petenis Swiss berusia 36 tahun, Roger Federer, membuat rekor baru di dunia tenis. Dia menjadi petenis nomor satu dunia tertua sepanjang sejarah.

Rilis resmi soal pemeringkatan petenis putra atau ranking ATP baru akan keluar pada Senin (19/2/18). Namun, kepastian itu sudah didapat Roger Feder sejak Jumat (15/2/18) malam.

Federer menjadi petenis nomor satu dunia setelah setelah mengalahkan Robin Haase 4-6, 6-1, 6-1 pada perempat final ABN Amro World Tournament. Tambahan poin dari kemenangan ini sudah memastikannya menggeser Rafael Nadal dari posisi puncak.

 

Inilah untuk kali pertama dalam lima tahun terakhir dia menjadi petenis nomor satu dunia. Padahal, sebelumnya dia selalu langganan menjadi nomor satu dunia.

Sebelumnya, Federer pernah 302 pekan berada di ranking pertama ATP. Petenis yang pertama kali merasakan peringkat pertama dunia pada 2004 itu unggul jauh atas rekor sebelumnya milik Pete Sampras, 286 pekan.

 

Pemain terdekat yang bisa mendekatinya adalah Novak Djokovic, 223 pekan. Namun, performa petenis asal Balkan itu menurun dalam dua tahun terakhir.

Sejak ranking ATP dibuat pada 1973, inilah untuk kali pertama ada pemain berusia di atas 35 tahun yang menjadi petenis nomor satu dunia. Rekor sebelumnya adalah milik Andre Agassi dalam usia 33 tahun.

“Status saat ini tercipta ketika saya sedikit lebih tua dan tentu saja menjadi lebih spesial juga. Namun, menjadi nomor satu bukanlah tujuan utama dalam dunia olahraga,” kata Federer.

 

Comments