Djokovic atasi cuaca panas dan singkirkan Monfils

Novak Djokovic terus mengais asa untuk meraih gelar Australia Terbuka. Peraih enam gelar di Melbourne Park ini lolos ke babak ketiga setelah menang 4-6, 6-3, 6-2, 6-3 atas pemain Prancis, Gael Monfils, dalam duel di Rod Laver Arena, Melbourne Park, Kamis (18/1/2018).

Suhu panas yang mencapai 39,9 derajat Celcius di kota Melbourne tak membuat mantan pemain nomor satu dunia tersebut menyerah. Dia mengeluarkan semua kemampuannya untuk lolos ke babak selanjutnya dan akan bertemu petenis Spanyol, Albert Ramos-Vinolas.

“Sangat jelas kami berdua sama-sama menderita saat berada di lapangan hari ini,” ujar Djokovic dikutip dari BBC.

“Kondisinya sangat berat, brutal, terutama pada satu setengah jam pertama.”

Pada set pertama Djokovic tampil buruk karena membuat empat double fault pada gim pembuka yang membuatnya tertinggal 0-3. Meski bisa memenangi empat gim, tetapi hal ini tidak cukup bagi Djokovic untuk mengamankan set pertama.

Namun pada tiga set selanjutnya, Djokovic berada di atas anginn, apalagi Monfils yang tampak kesulitan menghadapi suhu di Melbourne. Monfils bahkan sempat meninggalkan lapangan dan mendapat perawatan medis setelah mengeluh pusing.

Situasi ini dimanfaatkan dengan baik oleh Djokovic. Petenis Serbia ini mematahkan tiga kesempatan servis Monfils untuk memenangi set ketiga dan menyelamatkan lima break points guna meraih kemenangan.

“Monfils tidak berada dalam kondisi terbaiknya pada paruh akhir set kedua dan keseluruhan set ketiga. Namun, set keempat bisa saja berakhir berbeda,” kata Djokovic, yang kini memiliki rekor kemenangan 15-0 atas Monfils.

Selain Djokovic, kemenangan juga diraih oleh Dominic Thiem (Austria), Tomas Berdych (Republik Ceko), Adrian Mannarino (Prancis), Fabio Fognini (Italia), Juan Martin Del Potro (Argentina) dan Julien Benneteau (Prancis).

Comments