Federer ungkap rahasia memiliki karier panjang di arena tenis

Roger Federer masih sangat diperhitungkan di arena tenis profesional. Padahal, petenis asal Swiss tersebut akan berusia 37 tahun pada musim ini.

Pemain dengan julukan FedEx tersebut akan berusaha mempertahankan dua gelar grand slam pada 2018 ini. Dia akan memulainya di Australia Terbuka yang mulai bergulir 15 Januari sebelum Wimbledon pada pertengahan tahun nanti.

Meski usia tak muda lagi, Federer masih tetap prima. Mantan pemain nomor satu dunia tersebut mengungkapkan rahasia dirinya mampu memiliki karier panjang. Dia mengatakan harus mengurangi porsi latihan.

“Ketika anda masih muda, anda harus memberi waktu agar bisa mengatakan kepada diri sendiri bahwa saya bisa berada di lapangan selama empat jam dan berlatih selama sepuluh hari berturut-turut,” ujar Federer seperti dikutip dari Express.

“Anda harus membuktikan kepada diri sendiri bahwa anda bisa melakukannya. Ini lebih merupakan pertarungan mental.”

Peraih 19 gelar grand slam ini juga berpendapat bahwa seiring berjalannya waktu, prioritas seorang pemain akan berubah. Menurutnya, seiring pertambahan usia, seorang pemain akan lebih mempertimbangkan kualitas dibandingkan kuantitas yang bisa melukai tubuh.

“Saya telah memainkan hampir 1.500 pertandingan dalam karier saya, sehingga yang dibutuhkan saya saat ini adalah tampil berhati-hati,” ujar Federer yang mengakui, dengan mengurangi jadwal pertandingan maka dia berpeluang bertahan lebih lama di arena tenis.

Federer mengawali tahun 2018 dengan hasil positif saat membawa Swiss meraih gelar Piala Hopman. Dia mengalahkan Alexander Zverev dengan skor 6-7, 6-0, 6-2 pada pertandingan di Perth, Australia, Sabtu (6/1/2018).

Comments