Regulasi MotoGP Jadi Kendala Ducati Buat Inovasi

FOXSPORTS.CO.ID – Teknisi Ducati berusaha keras menciptakan mesin berkualitas jelang Kejuaraan Dunia MotoGP 2020. Meski begitu, diakui oleh Manajer Umum Ducati, Gigi Dall’Igna, kalau pihaknya mengalami sedikit kendala dalam berinovasi karena regulasi yang ditetapkan.

Ducati memiliki ambisi kuat untuk bisa mengalahkan Honda di 2020, sehingga mereka berusaha menciptakan motor terbaik.

Ducati dikenal sebagai pabrikan yang kerap mengeluarkan perangkat-perangkat ajaib. Pada gelaran MotoGP 2019 misalnya, saat balapan di Sirkuit Losail, Qatar, Ducati menggunakan winglet baru yang membuat Andrea Dovizioso bisa meraih kemenangan.

MotoGP 2019 – Honda vs Ducati

Jelang dimulainya MotoGP 2020, Ducati sebenarnya ingin memberikan terobosan lagi. Sayangnya, mereka terbentur pada regulasi yang berlaku di MotoGP, di mana pabrikan tidak boleh lagi melakukan inovasi khusus.

Ada banyak inovasi, di semua bidang, dari penanganan mesin hingga aerodinamika. Kami telah melakukan perubahan dan kami akan terus berupaya meningkatkan sasis. Kami juga mengerjakan swing arm. Aerodinamika juga berubah. Namun, regulasi tidak lagi mengizinkan inovasi khusus, kami agak terperangkap dalam hal itu,” ujar Dall’Igna, dikutip dari Speedweek.

“Kendati demikian, kami tentu sedikit membaik di sana, setidaknya di atas kertas dan dalam simulasi. Kami akan melihat apakah itu benar-benar di Sepang atau di Qatar. Perubahannya tidak besar dibandingkan dengan 2019, fairing baru akan menjadi evolusi,” lanjut manajer umum Ducati tersebut.

Comments