Dari Lima Jadi Dua: Calon Rute Balapan Formula E di Jakarta 2020 Nanti

Baru-baru ini, Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan dengan bangga mengumumkan bahwa kota Jakarta siap jadi arena balapan Formula E tahun 2020 mendatang. Di laman Instagramnya tersebut, Anies juga menegaskan bahwa pihak panpel sudah meninjau lewat uji lapangan.

Formula E di Jakarta, nantinya akan menggunakan trek jalan raya untuk balapan ini. Pihak pemerintah DKI Jakarta sempat mengajukan lima rute alternatif. Namun pihak Formula E meminta dua saja.

Baca juga: Kompetisi Balap Mobil Formula E Akan Hadir di Jakarta Tahun 2020

“Sebenarnya, mengusulkan lima rute. Tapi kemudian dari penyelenggara mendesain dua. Feasible-nya dua itu. Hanya kan mereka bahas di sana. Dari situ, tentu kira-kira apa yang bisa disetujui kita akan mengikuti usulan mereka dari penyelenggara,” ujar Kadishub DKI Jakarta, Syafrin Liputo.

“Semua SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) yang ada di DKI Jakarta akan support terhadap pelaksanaan kegiatan ini. Dinas Bina Marga tentu akan menyiapkan infrastruktur jalannya. Kami dari sisi perhubungan akan menyiapkan signage yang dibutuhkan,” lanjutnya.

Ia menjelaskan dua rute tersebut antara lain, pertama: Silang Monas Belakang Stasiun Gambir – Ridwan Rais – Tugu Tani – MI Ridwan Rais – Merdeka Selatan – Wisma Antara – Berputar ke Kedubes AS – Monas – Ridwan Rais. Sedangkan rute kedua adalah : Silang Monas Selatan – belakang Stasiun Gambir – Ridwan Rais – Merdeka Selatan – bundaran air mancur patung kuda Arjuna Wiwaha – Silang Monas Selatan. 

(sumber gambar: Wikipedia)

Comments