Bottas tak ingin hanya jadi nomor dua di Mercedes

Pebalap Mercedes, Valtteri Bottas, ingin memberi bukti bahwa dia bisa lebih kompetitif untuk bersaing dengan Lewis Hamilton pada Formula 1 (F1) musim depan. Pebalap 28 tahun asal Finlandia ini mengatakan lebih baik dirinya tinggal di rumah jika harus menjadi pebalap nomor dua.

Bottas sempat mencatat dua kemenangan pada musim 2017 ini dan masih berpeluang finis di posisi kedua klasemen pebalap. Pamornya kalah dibandingkan Mercedes, yang sudah memastikan gelar juara dunia tahun ini setelah finis di urutan kesembilan GP Meksiko pada 28 Oktober.

Meskipun demikian, Bottas cukup yakin bisa bersaing dengan rekan setimnya tersebut, terutama setelah dirinya finis di posisi kedua pada GP Meksiko. Dia mengaku kepercayaan dirinya bangkit lagi sehingga tak ingin selalu menjadi nomor dua.

“Dalam beberapa kesempatan, tidak sebanyak yang saya inginkan, saya berhasil mendahului dia,” kata Bottas kepada Sky Sports News.

“Meski dia benar-benar pebalap yang sangat bagus dan sangat konsisten, saya juga perlu percaya pada diri sendiri.”

“Saya tidak bisa menepatkan diriku sendiri di tempat nomor dua. Jika demikian, lebih baik saya tinggal di rumah.”

Bottas yakin, tahun pertama di Mercedes akan menjadi bekal yang bagus untuk menjadi lebih tangguh pada musim 2018. Dia sudah banyak belajar dari pengalaman selama ini.

“Tahun ini saya sudah belajar dengan giat karena saya menginginkannya sebagai tahun pembelajaran. Memulai kejuaraan tahun depan dengan orang yang sudah saya kenal akan menjadi sedikti berbeda. Saya hanya perlu mencapainya dan belajar dari masa-masa sulit tahun ini,” ujar Bottas.

“Kami menuju Brasil untuk balapan terakhir musim ini dan meskipun juara dunia sudah disegel, masih banyak yang harus dimainkan.”

Bottas saat ini menempati posisi ketiga klasemen sementara dengan raihan 262 poin, tertinggal 15 angka dari pebalap Ferrari, Sebastian Vettel. Dengan demikian, dia berpeluang menyalip juara dunia empat kali tersebut bila menjadi pemenang GP Brasil yang menjadi seri pamungkas musim 2017 pada 12 November nanti, dengan catatan, hasil terbaik Vettel adalah finis di urutan kelima.

Comments