Ricciardo kalahkan Vettel dan Hamilton di GP Monaco

Pebalap Red Bull Racing, Daniel Ricciardo, menjadi juara seri keenam Formula 1 (F1) di Circuit de Monaco, Monte Carlo, Monako, Minggu (27/5/2018). Dia mengalahkan Sebastian Vettel (Ferrari) dan Lewis Hamilton (Mercedes) yang berturut-turut finis di belakangnya.

Dalam balapan selama 78 lap tersebut, Ricciardo mencatatkan waktu 1 jam 42 menit 54,807 detik. Hasil ini melengkapi dominasinya sepanjang akhir pekan ini di mana dia selalu menjadi yang tercepat selama free practise dan meraih pole position.

Dari hasil balapan ini, Ricciardo berhak menambah koleksi 25 poin sehingga mengumpulkan total 72 angka dan naik ke peringkat ketiga klasemen sementara pebalap. Dia membuntutik Vettel yang mengumpulkan 96 poin, sedangkan sang juara bertahan, Hamilton, masih di puncak dengan raihan 110 poin.

Sejak start, Ricciardo yang merupakan peraih pole, langsung melejit, disusul Vettel dan Hamilton. Menjelang lap ke-20, Ricciardo mendapat tekanan dari Vettel sedangkan Hamilton dan Kimi Raikkonen (Ferrari) bersaing memperebutkan posisi ketiga.

Pada lap ke-28, Ricciardo mengeluh karena tenaga mobilnya berkurang. Situasi ini coba dimanfaatkan Vettel untuk memangkas jarak sehingga posisi para pebalap di barisan depan tak terlalu jauh.

Hamilton yang awalnya tertinggal sembilan detik dari Vettel sukses memangkas jarak menjadi 1,5 detik pada lap ke-44. Sementara itu Valtteri Bottas (Mercedes) yang berada di posisi kelima terus memepet Raikkonen yang berada di depannya.

Menjelang finis, Hamilton mengeluh daya cengkeram ban depan bagian kiri berkurang. Ini membuat dia gagal menyusul Vettel dan Ricciardo yang tetap bersaing ketat. Namun, Ricciardo benar-benar superior pada GP Monaco ini sehingga tak terbendung untuk meraih juara.

Comments