Penjelasan FIA soal insiden bendera finish

Direktur lomba Formula 1 Charlie Whiting mengatakan miskomunikasi antara pejabat lokal menyebabkan bendera finish dikibarkan lebih awal pada Grand Prix Kanada akhir pekan kemarin.

Petugas lomba awalnya berpikir bahwa Sebastian Vettel berada di lap ke-70 dan terakhir, kemudian mereka keliru meminta model Winnie Harlow untuk mengibarkan bendera ketika pembalap Ferrari tersebut baru menyelesaikan lap ke-69.

Meski bendera hitam putih berkibar, para pembalap terus berlomba untuk putaran tambahan, terlepas dari fakta bahwa di beberapa titik di lintasan marsekal melambai-lambaikan bendera di akhir balapan. Situasi ini diperlakukan dengan cara yang sama seperti bendera merah, dan setelah awalnya terdaftar di lap 69 hasil akhir kemudian kembali ke putaran 68.

Tidak ada perubahan tempat di 10 besar, meskipun Daniel Ricciardo kehilangan lap tercepatnya ke rekan setimnya Max Verstappen. “Bendera kotak-kotak itu menunjukkan lap awal karena miskomunikasi dengan orang yang mereka sebut starter di sini, yang memulai dan menyelesaikan perlombaan,” jelas Whiting.

“Dia pikir itu putaran terakhir, dia meminta kontrol balapan untuk mengkonfirmasi, mereka menegaskannya, tetapi mereka mengira dia membuat pernyataan ketika dia mengajukan pertanyaan,” tambah Direktur lomba F1 tersebut.

“Dia baru saja menunjukkannya lebih cepat, atau dia mengatakan kepada bendera itu untuk menunjukkannya lebih awal,” jelasnya. Whiting percaya bahwa starter itu dibuat bingung oleh grafik TV yang mencatat bahwa pemimpin lomba berada di putaran akhir. 

“Saya pikir orang-orang yang tidak bekerja di F1 terkadang sedikit bingung dengan grafik yang mereka lihat di layar di mana dikatakan 69 dari 70,” katanya. Meskipun mengakui bahwa insiden tersebut murni karena miskomunikasi, kesalahan tersebut tetap menjadi catatan.

Dalam kasus tersebut, model Winnie Harlow juga tidak bisa disalahkan dalam kasus bendera finish itu. Para selebriti sering kali diminta untuk memegang bendera finish. Namun mereka melakukan sesuai aba-aba dari petugas.

FIA selanjutnya akan meninjau prosedur sederhana yang selama ini sudah diterapkan untuk menghindari kesalahan minor yang berdampak besar.

Comments