F1 perpanjang kontrak Sirkuit Spa Belgia

Formula 1 resmi menandatangani kesepakatan dengan pengelola sirkuit spa-francorchamps, Belgia. Sirkuit tersebut akan menggelar F1 hingga tahun 2021 mendatang.

Chloe Targett-Adams, Direktur Promotor dan Hubungan Bisnis di Formula 1, menyambut baik kesepakatan tersebut. “Kami sangat senang telah mencapai kesepakatan ini yang berarti bahwa Grand Prix Formula 1 Belgia akan tetap berada di kalender untuk lebih lanjut tiga tahun,” jelasnya.

“Formula 1 lahir di Eropa dan masa depan olahraga ini perlu mempertahankan akar yang kuat, sementara memperluas secara global dan Spa-Francorchamps adalah bagian dari sejarah yang fantastis,” ujar Direktur Bisnis F1 tersebut.

Sementara itu, kesepakatan baru juga memberi keuntungan tersendiri bagi Belgia. “Ini adalah kesepakatan bagus yang memastikan bahwa peristiwa penting seperti ini (F1) tetap di wilayah kami, sehingga menempatkan kami pada platform visibilitas global,” kata Pierre Yves-Jeholet, Menteri Ekonomi di wilayah Wallonia.

Selama menyelenggarakan F1 tahun lalu, pemerintah setempat mendapatkan laba investasi sebesar 315%. Penjualan tiket dari F1 Belgia tahun 2017 juga meningkat sebesar 7,5% dari tahun sebelumnya. Grand Prix Belgia 2018 akan berlangsung pada 24-26 Agustus.

Favorit para pembalap

Banyak cerita bersejarah dari sirkuit Spa tersebut. Grand Prix Belgia pertama kali berlangsung di Spa-Francorchamps pada tahun 1950. Saat itu, kondisi sirkuit terletak pada jalan sepanjang 14 km yang melewati desa Burnenville, Malmedy dan Stavelot. Karena adanya faktor keamanan, lintasan itu direnovasi pada tahun 1983. Banyak pembalap yang tertantang untuk menaklukan sirkuit Spa-Francorchamps.

“Ini trek yang luar biasa, dengan begitu banyak tantangan. Tanyakan pada pembalap manapun – mereka akan memberi tahu Anda betapa mereka sangat menyukai balapan di sini, “ujar Nico Rosberg.

 

 

 

 

Comments