Kubica diberi tiga kesempatan tampil di uji coba

Robert Kubica resmi mendapatkan jadwal untuk tiga kali uji coba bersama Williams.

“Saya akan melakukan tiga FP1,” ujar Robert Kubica. Pembalap 33 tahun itu membeberkan jadwalnya bersama Williams di tahun 2018. “Saya akan mulai di Barcelona, ​​maka saya pikir Austria dan satu lagi,” tambahnya.

Sudah delapan tahun sejak Robert Kubica tidak lagi ada dalam jajaran pembalap Grand Prix dimana ia biasa berdiri sejajar dengan rekan-rekannya seperti Lewis Hamilton dan Fernando Alonso. Niatan untuk kembali ke F1 terwujud setelah mengkonfirmasi resmi sejumlah acara latihan dengan Williams.

Kubica, pemenang Grand Prix satu kali yang belum berlomba di F1 sejak 2010, mengalami luka parah dalam sebuah tabrakan cepat sesaat sebelum musim 2011. Ia akan ambil bagian dalam tiga sesi latihan sebagai bagian dari tim cadangan.

“Saya akan melakukan beberapa pengujian pra-musim dan pengujian di musim. Sangat penting untuk memiliki kesempatan untuk mengemudi. Saat ini peraturannya sedemikian rupa sehingga mengemudi terbatas,” jelasnya

Simulator memainkan peran penting, karena saya adalah bagian dari proyek ini, penting untuk membangun hubungan antara alat ini dan dunia nyata,” tambahnya. Saat ini tim Williams diperkuat Sirotkin dan Lance Stroll yang merupakan pembalap termuda musim ini. Williams melihat Kubica yang sudah berpengalaman bisa memainkan peran kunci dalam mengembangkan FW41.

Meskipun pembalap Polandia ini mengakui bahwa menjadi cadangan bukan pekerjaan yang dia inginkan, tapi ia melihat ke depan untuk kembali tampil di F1 sebagai pembalap resmi. “Saya sangat senang,” tegasnya. “Mungkin bukan apa yang semua orang – atau mungkin saya – sedang bermimpi, tapi ini membawa saya kembali ke padang rumput, kembali menjadi peran penting. “Saya tidak akan memiliki banyak waktu untuk mengendarai mobil F1, tapi tetap saja saya akan mendapat banyak peluang dan saya akan kembali sebagai tim F1 yang selalu menyenangkan untuk bekerja. Saya pikir kesempatan ini juga akan membuka beberapa kemungkinan lain untuk masa depan,” jelas Kubica soal peran barunya.

Kubica sebelumnya juga ikut terlibat dalam perebutan kursi balap di Williams, namun ia harus memendam harapan tersebut setelah kalah dari Sergey Sirotkin. Gagal mendapat tempat utama di F1, ia pun memilih menjadi pebalap pendukung di Williams.

Sebagai bagian dari jadwalnya, Kubica akan melakukan uji coba pra-musim Barcelona, serta pengujian di tiga sesi Free Practice di F1 2018.

 

Kubica mengaku 90% kemampuan mengemudinya masih sama seperti sebelum ia mengalami kecelakaan yang mengancam nyawanya pada tahun 2011 silam.

Comments