Rossi Kaget dan Sayangkan Pedrosa Pensiun

Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, mengatakan bahwa olahraga MotoGP telah kehilangan salah satu pebalap terbaik menyikapi pensiunnya pebalap Repsol Honda, Dani Pedrosa.

Sebelumnya, Pedrosa telah mengumumkan bahwa dia akan pensiun dari balapan MotoGP pada akhir musim ini, Kamis (12/7/2018).

Pebalap berusia 32 tahun itu telah mengonfirmasi bahwa dia akan meninggalkan olahraga balapan itu pada tahun depan, setelah diganti oleh Jorge Lorenzo di tim Repsol Honda untuk musim 2019.

Terkait hal itu, Rossi mengatakan dia menyesal mengetahui pebalap asal Spanyol itu meninggalkan MotoGP.

Dia pun terkejut mengetahui Pedrosa menolak kesempatan untuk bergabung dengan tim satelit Yamaha yang baru untuk musim 2019.

“Ini sangat memalukan bagi MotoGP karena olahraga kami telah kehilangan salah satu pebalap terbaik dalam beberapa tahun terakhir,” kata Rossi.

“Ini juga sangat disayangkan bahwa Dani tidak pernah memenangi kejuaraan dunia MotoGP dan saya pikir dia layak mendapatkan minimal satu gelar juara,” ujarnya.

“Keputusan ini juga cukup awal, tetapi pilihan ini juga sangat pribadi. Saya tidak menduganya karena saya pikir dia mungkin melanjutkan karier dengan Yamaha. Namun, dia mengubah idenya,” ucap Rossi.

Pedrosa memulai karier sebagai pebalap pada tahun 2001 di mana dia membela tim Honda pada kelas 125cc (sekarang Moto3). Setelah itu, Pedrosa naik ke kelas 250cc (sekarang Moto2) pada 2004 dan kelas premier (MotoGP) pada 2006.

Sepanjang kariernya bersama tim pabrikan Jepang itu, Pedrosa meraih tiga gelar juara dunia. Dia pernah juara kelas 125cc pada 2003 dan dua gelar kelas 250cc (2004 dan 2005).

Sayang, prestasi Pedrosa di kelas MotoGP tidak terlalu mentereng karena belum pernah jadi juara dunia. Prestasi terbaik Pedrosa di kelas premier ini hanya menjadi runner-up pada tahun 2007, 2010 dan 2012.

Comments