Marquez kalahkan duo Yamaha di GP Jerman

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, memenangi MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring, Jerman, Minggu (15/7/2018). Sang juara bertahan mengalahkan duo Movistar Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales, yang berturut-turut finis di posisi kedua dan ketiga.

Hasil ini membuat Marquez semakin kokoh di puncak klasemen sementara pebalap MotoGP 2018. Pebalap asal Spanyol ini mengumpulkan total 165 poin dari sembilan seri yang sudah dilakoni. Dia unggul 46 angka atas Rossi di posisi kedua dan 56 poin atas Vinales di urutan ketiga.

Menempati pole position, Marquez melakukan start yang kurang bagus sehingga sempat melorot ke peringkat ketiga. Sebaliknya, Jorge Lorenzo (Ducati), yang start dari posisi ketiga, langsung melejit ke posisi pertama.

Namun setelah itu, Marquez, yang sembilan musim berturut-turut meraih pole di sirkuit ini, mulai merangsek ke depan. Saat sudah separuh balapan, persaingan di depan hanya melibatkan Lorenzo, Marquez dan Rossi.

Marquez menyalip Lorenzo saat lomba menyisakan 18 lap. Setelah itu, giliran Rossi yang menyalip Lorenzo pada lap ke-15.

Saat balapan menyisakan lima putaran, Lorenzo semakin keteteran. Daya cengkeram ban motornya yang mulai berkurang membuat posisinya kembali melorot setelah dilewati Danilo Petrucci dan Vinales.

Setelah itu, Petrucci dan Vinales bersaing ketat memperebutkan peringkat ketiga. Saat balapan menyisakan dua putaran, Vinales berhasil mengalahkan Petrucci sehingga menghasilkan komposisi Marquez, Rossi dan Vinales untuk podium GP Jerman 2018.

Comments