Honda beri jaminan Lorenzo juara dunia

Tim Repsol Honda memberikan jaminan akan mengembalikan Jorge Lorenzo ke jalur juara dunia MotoGP. Hal tersebut ditegaskan manajer teknis Honda Racing Corporation (HRC), Takeo Yokoyama.

Lorenzo, yang musim lalu bergabung dengan Ducati dari Movistar Yamaha, akan pindah ke Honda pada musim mendatang. Pebalap asal Spanyol tersebut akan menjadi tandem kompatriotnya, Marc Marquez, yang saat ini berstatus juara bertahan.

Dua matahari dalam satu tim menimbulkan kekhawatiran ada friksi di antara dua pebalap tersebut. Namun Honda telah memastikan Marquez dan Lorenzo akan bertarung sesuai kemampuan mereka.

“Kami akan dapat menyesuaikan motor kami dengan keinginan Lorenzo. Dia merupakan juara dunia dan ketika kami tahu dia tersedia, kami mengambil kesempatan untuk merekrutnya,” ujar Yokoyama dikutip dari GPOne.

lorenzo, marquez, dovizioso_TWITTER

“Dia akan berada di tim yang bagus, punya motor yang bagus dan bisa bertarung memperebutkan gelar juara dunia.”

Lorenzo terakhir kali menjadi juara dunia pada tahun 2015 bersama Yamaha. Sejak bersama Ducati, Lorenzo kesulitan bersaing, terutama pada musim perdana.

Namun menjelang akhir kebersamaannya dengan Ducati, Lorenzo memperlihatkan performa yang sangat mengesankan karena sudah tiga kali menjadi juara, termasuk pada seri terbaru akhir pekan lalu di Austria. Ini membuat dia naik ke peringkat ketiga klasemen sementara pebalap MotoGP 2018.

Sebelum memulai musim baru bersama Honda, Lorenzo memiliki kesempatan melakukan tes dengan Honda RC213V setelah seri penutup MotoGP Valencia. Ducati mengizinkan dia ikut tes di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, 20-21 November 2018, sebelum melanjutkan tes akhir tahun di Sirkuit Jerez, Spanyol, 28-29 November 2018.

Comments