Valentino Rossi tegaskan komitmen bersama Yamaha

Valentino Rossi menegaskan bahwa dia tetap berkomitmen membela tim Movistar Yamaha hingga kontraknya selesai pada akhir tahun 2020. Namun, pebalap dengan julukan The Doctor ini ingin Yamaha berkembang lebih cepat sehingga tidak jauh tertinggal dari para rival.

“Saya punya kontrak dengan Yamaha hingga dua musim mendatang sehingga saya masih akan berlomba dengan mereka pada MotoGP 2019 dan juga 2020,” ujar Rossi dikutip dari Motorsport.

“Kami sudah lama berada dalam kesulitan, sudah jauh ketinggalan dibandingkan Honda dan Ducati karena mereka sudah bekerja keras dalam beberapa periode terakhir.”

“Kami harus mengembangkan motor secara keseluruhan dan juga pada area di mana kami paling kesulitan.”

Memang, Yamaha sedang dalam periode paling sulit karena sejak memenangi balapan MotoGP Belanda pada Juni 2017, mereka belum pernah lagi naik podium utama. Ini yang membuat Rossi sering kali mengeluh.

Peraih sembilan gelar juara dunia balap motor ini pun sangat yakin, mesin dan elektronik merupakan kelemahan terbesar. Mantan pebalap Honda dan Ducati ini pun mendesak Yamaha segera berbenah.

“Dari aspek tersebut, Honda dan Ducati lebih kuat dibandingkan kami,” ungkapnya.

Musim ini, Rossi lima kali naik podium dan mengoleksi total 172 poin sehingga menempati peringkat ketiga klasemen sementara pebalap MotoGP 2018. Namun, dia tertinggal 99 poin dari pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, yang berada di puncak.

Lantaran tersisa empat seri balap, nyaris mustahil Rossi mewujudkan target meraih gelar ke-10. Marquez sangat berpotensi mempertahankan gelar juara dunia kelas paling bergengsi ini.

Akhir pekan ini, Rossi dan para rivalnya akan terlibat dalam pertarungan MotoGP Jepang di Sirkuit Motegi, 19-21 Oktober 2018. Sepanjang kariernya, Rossi sudah empat kali meraih kemenangan di sana meskipun terakhir kali terjadi 10 tahun silam atau pada musim 2008.

Comments