Lalu Muhammad Zohri Sabet Medali Emas Malaysia Open Grand Prix 2019

Sprinter andalan Indonesia Lalu Muhammad Zohri berhasil menjadi yang terbaik di ajang Malaysia Open Grand Prix 2019. Turnamen yang dihelat di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur tersebut diikuti oleh delapan sprinter, termasuk Zohri, di final nomor lari 100 meter.

Pada babak final Zohri yang berada di lintasan keenam melesat tidak terkejar sejak lomba dimulai. Pelari asal Nusa Tenggara Barat tersebut mencatatkan waktu 10,20 detik. Di belakangnya disusul oleh atlet asal Malaysia Mohd. Zulfiqar Ismail dengan perolehan waktu 10,41 detik, lalu di posisi ketiga ada sprinter asal Taiwan Wei-Hsu Wang yang mencatatkan waktu 10,44 detik.

“Saya bersyukur bisa memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara. Walaupun jujur secara catatan waktu saya belum puas,” kata Zohri usai lomba seperti dikutip dari Tempo. Zohri sebenarnya menargetkan untuk bisa memecahkan rekor pribadinya yakni 10,18 detik yang ia bukukan di Kejuaraan Dunia Atletik U-20 2018 di Finlandia.

Kemenangan Zohri di ajang Malaysia Open Grand Prix 2019 merupakan bagian dari persiapannya menuju Olimpiade 2020. Saat ini Zohri masih berada di peringkat 62 dunia, sementara syarat untuk bisa mengikuti Olimpiade adalah minimal masuk di zona 56 dunia.

Selain Zohri yang berhasil merebut medali emas di ajang tersebut, atlet lompat jauh Indonesia Sapwaturrahman juga sukses menjadi yang terbaik. Sapwaturrahman membukukan lompatan 7,97 meter, mengalahkan Andre Anuar (Malaysia) dengan Raihan 7,72 meter, dan Eunjae Joo (Korea) dengan lompatan 7,69 meter.

Comments