Menuju Piala Dunia 2018: Brasil Menang, Spanyol Gigit Jari

Tidak sampai dua minggu lagi gelaran Piala Dunia 2018 akan dimulai. Beberapa negara yang lolos ke babak grup telah menjalani pertandingan persahabatan untuk bersiap-siap menghadapi tantangan di kompetisi terbesar sepak bola tersebut. Berikut hasilnya.

Brasil 2-0 Kroasia

Pertandingan yang dilangsungkan di Stadion Anfield ini menghadirkan dua hal. Neymar kembali merumput dan Roberto Firmino berhasil mencetak gol di kandang Liverpool dengan mengenakan jersey Brasil.

Serangan Brasil yang dipimpin oleh Gabriel Jesus sebagai kapten dalam pertandingan ini tidak membuahkan hasil sampai Neymar masuk menggantikan Fernandinho. Pada menit ke-69, Neymar seorang diri menggiring bola menusuk ke sisi kanan pertahanan Kroasia yang dijaga Sime Vrsjalko dan langsung menembak bola dengan keras hingga mengenai mistar sebelum masuk ke gawang.

Usaha keras Firmino yang masuk menggantikan Jesus akhirnya membuahkan hasil pada masa injury time. Menerima umpan lambung dari Casemiro, Firmino mampu menerima bola dengan baik menggunakan dadanya dan kemudian melambungkan bola melewati Danijel Subasic.

Brazil masih memiliki jadwal uji coba melawan Austria pada hari Minggu (10/6), sedangkan Kroasia akan melawan Senegal pada hari Jumat (8/6) mendatang.

Kosta Rika 3-0 Irlandia Utara

Kosta Rika yang masuk ke Grup E Piala Dunia 2018 bersama Brasil menjamu Irlandia Utara dan berhasil keluar sebagai pemenang dengan unggul tiga gol tanpa balas.

Gol Kosta Rika dicetak oleh Johan Venegas, Joel Campbell dan Fransisco Calvo.

Kosta Rika masih memiliki jadwal uji coba melawan Inggris pada hari Jumat (8/6) mendatang sebelum mulai memasuki babak grup Piala Dunia 2018 melawan Belgia.

Peru 3-0 Arab Saudi

Setelah terakhir kali bermain di Piala Dunia pada 2006 silam, Peru kembali masuk ke babak grup Piala Dunia dan menyiapkan diri dengan melawan Arab Saudi. Bermain di AFG Arena, Swiss, mereka berhasil memukul mundur Green Falcons dengan skor 3-0.

Kapten Paolo Guerrero yang sempat tersandung kasus doping dan hampir gagal membela negaranya di Piala Dunia 2018 berhasil menjaringkan dua gol. Satu gol lagi dicetak oleh Andre Carrillo.

Pertandingan uji coba Peru terakhir adalah melawan Swedia pada hari Minggu (10/6) mendatang.

Spanyol 1-1 Swiss

Persiapan Spanyol sebelum Piala Dunia 2018 terlihat kurang meyakinkan. Menguasai pertandingan sejak menit pertama, anak asuh Julen Lopetegui hanya mampu mencetak hasil seri melawan Swiss yang juga lolos ke Piala Dunia 2018.

Unggul jumlah penguasaan bola hingga 65%, Spanyol mencetak gol terlebih dahulu berkat tendangan voli Alvaro Odriozola. Gol ini adalah gol pertamanya untuk Spanyol. Namun Swiss berhasil menyamakan kedudukan lewat kaki Ricardo Rodriguez hasil bola muntah yang tidak bisa ditepis David De Gea dengan sempurna.

Spanyol masih akan melawan Tunisia pada hari Jumat (8/6) sedangkan Swiss akan bertemu Jepang pada hari Sabtu (9/6) mendatang.

Comments