Gotze: Guardiola Tidak Memiliki Banyak Empati

Kejeniusan Pep Guardiola di lapangan memang luar biasa. Namun bagi mantan anak asuhnya di Bayern Munich, Mario Gotze, hal tersebut tidaklah cukup. Ada aspek lainnya yang harus dipenuhi, kritik Gotze.

Pencetak gol kemenangan tim nasional Jerman di final Piala Dunia 2014 ini angkat bicara mengenai pelatih yang pernah mengampunya selama kariernya; Jurgen Klopp dan Josep Guardiola. Gotze dilatih Klopp sejak 2009 hingga 2013 lalu selama berseragam Borussia Dortmund, sedangkan ia dilatih Pep dari 2013 hingga 2016 lalu saat berseragam Bayern.

“Ia (Klopp) mengajarkan saya tentang semuanya mengenai sepakbola profesional. Saat itu saya hanyalah pemuda 17 tahun yang baru datang dari tim muda. Klopp mengajarkan semuanya, ia membiarkan anak muda seperti saya untuk bermain,” kenang Gotze dilansir laman resmi Bundesliga.

“Secara teknis, Guardiola adalah bakat yang luar biasa di lapangan. Namun ia terlalu fokus dengan pertandingan dan tidak memikirkan pemain yang di luar rencananya. Ia tidak memiliki banyak empati, dan hal empati itulah bagian dari pelatih kelas dunia.”

Gotze sendiri kini tidak dibawa ke Piala Dunia 2018 karena performanya yang menurun dan banyak terlilit cedera sepanjang musim lalu. Namun, banyak rumor juga yang mengatakan bahwa pemian 26 tahun ini akan bereuni dengan Klopp di Liverpool untuk musim mendatang.

Comments