Review Liga 1 Indonesia: PSM Kokoh di Puncak, Persipura Tersungkur di Bali

Pasca kekalahan telak oleh Persib di Bandung beberapa pekan lalu, PSM Makassar bangkit secara perlahan. Setelah melibas Madura United dengan skor 2-0 dan menahan Persipura di Jayapura dengan skor 1-1, kini pasukan Ramang kembali meraih poin sempurna.

Menjamu kawan lama era kompetisi Perserikatan yaitu Persebaya Surabaya, PSM yang tampil di depan pendukungnya sendiri bermain dominan sejak awal babak. Penyerang mereka, Ferdinan Sinaga berkali-kali membuat peluang namun tak satupun yang berhasil membuahkan angka.

Jika laga ini berakhir imbang, maka PSM harus rela posisi puncak sementara tetap milik Barito Putera. Namun jika menang, skuat arahan Robert Rene Albert tersebut akan berada di puncak klasemen sementara, setidaknya selama jeda lebaran ini.

Akhirnya kebuntuan pun pecah saat Rizki Pellu menanduk umpan sepak pojok Rasyid Bakri di menit ke- 72. Meski mencoba untuk membalas, skuat Bajul Ijo tak bisa mencetak peluang matang yang membahayakan kiper PSM, Rivky Mokodompit saat itu.

Satu laga terakhir lainnya di pekan ke-13 jelang jeda libur lebaran ini adalah laga yang mempertemukan Bali United dan Persipura Jayapura. Kedua tim ini dalam tiga laga terakhir sama-sama tak pernah meraih hasil kemenangan. Baik Bali maupun Persipura, semuanya menelan sekali kalah dan dua kali imbang di tiga laga terakhir mereka.

Inkonsistensi inilah yang dimanfaatkan kedua tim untuk mencuri poin. Namun dukungan pendukung tuan rumah jelas berpengaruh banyak kali ini. Bali United membuka keunggulan mereka lewat sepakan jarak jauh Fadil Sausu hasil sambaran bola liar yang gagal disapu oleh bek Persipura. Bali unggul 1-0 hingga babak pertama usai.

Meski saling jual beli serangan, skuat Serdadu Tridatu akhirnya mengandaskan tim Mutiara Hitam dengan skor 2-0 setalah Stefano Lilipaly lolos jebakan offside dan hanya tinggal berhadapan 1v1 melawan kiper Dede Sulaiman. Walhasil, Persipura harus memperpanjang rekor negatifnya sebelum jeda lebaran tiba.

Comments