One Man Team di Piala Dunia 2018

Oleh: Martin Martinez

Ketika Piala Dunia 2018 sudah siap untuk mengambil panggung dalam sepakbola internasional dalam beberapa hari ke depan, sudah pasti banyak pemirsa yang ingin melihat tim yang bertabur bintang tampil di pagelaran akbar kali ini.

Kekuatan besar seperti Brazil, Spanyol dan Jerman banyak difavoritkan dalam kompetisi ini, karena banyaknya bakat yang mereka miliki diantara 23 nama yang mereka bawa ke Rusia.

Memang benar bahwa mereka memiliki beberapa pemain bintang lebih baik dan lebih banyak daripada yang lain, tetapi jumlah bakat tersebut harus memberikan mereka keuntungan saat bertanding di lapangan pada waktu-waktu tertentu.

Namun, ada beberapa tim yang fokus pada satu pemain dan keberhasilan mereka pada akhirnya tergantung pada bagaimana superstar itu tampil bersama rekan-rekannya.

Dalam kompetisi di mana ada begitu banyak pemain hebat, disini ada tiga negara menurut kami yang pada dasarnya dipimpin oleh satu pemain saja.

PORTUGAL

Salah satu pilihan yang paling jelas dalam kategori One Man Team ini adalah Portugal dan superstar mereka Cristiano Ronaldo.

Juara bertahan Piala Eropa 2016 ini sangat bergantung pada bintang Real Madrid dan jika mereka ingin melangkah jauh dalam kompetisi, skuat Portugal harus menampilkan performa  yang solid agar Ronaldo mampu menghasilkan sesuatu seperti ia berlaga bersama Madrid di La Liga maupun Liga Champions Eropa.

Ketika Portugal memenangkan laga final Piala Eropa 2016 dengan CR7 yang tersingkir karena cedera di awal-awal permainan, dia bertanggung jawab untuk membawa timnya di dua laga sebelum final, dan hal yang sama mungkin bisa ia lakukan untuk timnya saat ini agar mampu melangkah jauh di Rusia.

CR7 sendiri menjadi pemimpin di tim nasional dengan 81 golnya dari 149 penampilan di semua kompetisi dan ia tampaknya mesti menambah pundi-pundi golnya tersebut lebih banyak lagi di Rusia untuk skuat Portugal, agar memiliki peluang untuk lolos dari fase grup Piala Dunia 2018.

DENMARK

Denmark memiliki skuad yang cukup layak dan sebagian besar pemain mereka yang mengisi starting line-up ini bermain di liga-liga top Eropa.

Namun, di atas kertas, hanya Christian Eriksen-lah yang mampu membalikkan keadaan ketika semua peluang dan dan prediksi tak sejalan untuk Denmark.

Berada di peringkat ke-12 FIFA, Denmark memiliki perjuangan yang cukup berat di Piala Dunia 2018 jika mereka ingin melangkah ke babak selanjutnya, dan pemain andalan Tottenham Hotspur tersebut harus siap untuk menanggung sebagian besar beban tim saat berada di lapangan.

Bersama Tottenham, Eriksen bermain bersama pemain top seperti Dele Alli dan Harry Kane, namun di tim nasional, ia mungkin perlu menciptakan sihir sendiri untuk timnya agar mampu bersaing mendapatkan poin di akhir laga.

Nama sang kiper Denmark, Kasper Schmeichel, memang tidak diragukan lagi akan memainkan peran besar untuk skuat Denmark, tetapi menghapus Eriksen dari daftar pemain yang berpengaruh, secara tidak langsung akan menghilangkan keunggulan dari kekuatan tim nasional Denmark kali ini.

MESIR

Satu nama terakhir dalam daftar ini tentu saja adalah Mesir, dan semua orang tahu bahwa ada satu orang yang akan tampil menonjol untuk negaranya di Rusia nanti, yaitu Mohamed Salah.

Sang fenomena dari Mesir ini telah menjalani musim yang luar biasa, memimpin Liverpool sampai ke final Liga Champions Eropa dan sekaligus membantu rekan-rekannya dalam mengamankan jatah tiket kompetisi Eropa untuk musim depan.

Di final UCL yang lalu, ia mengalami cedera bahu dan banyak yang langsung mempertanyakan apakah ia bisa tampil di Piala Dunia 2018 ini atau tidak. Untungnya, kondisi Salah berangsur-angsur pulih dan seantero Mesir bisa bernapas lega kali ini.

Meski ia akan memainkan gaya sepakbola yang berbeda dengan Mesir, namun statusnya sebagai pemain terbaik milik Mesir seharusnya bisa menjadi inspirasi dan membantunya untuk memainkan sepakbola yang lebih baik saat berlaga bersama rekan-rekannya nanti.

Satu yang pasti, ini pasti akan menjadi perjuangan yang berat bagi Mesir. Namun jika Salah mampu mengulangi performa hebatnya sepanjang musim lalu, maka kemungkinan ia pasti bisa berpengaruh banyak untuk negaranya di Piala Dunia 2018 ini.

Comments