Piala Dunia 2018: Rusia Gilas Arab Saudi di Partai Pembuka

Lantunan tembang milik Robbie Willams menjadi salah satu pengiring upacara pembukaan Piala Dunia 2018. Pagelaran terakbar dunia dari olahraga paling populer di kolong langit ini dibuka dengan mempertemukan tuan rumah Rusia dan penantang dari benua Asia yaitu Arab Saudi.

Arab Saudi yang dilatih oleh Juan Antonio Pizzi sebetulnya menggebrak di menit-menit awal. Menekan Rusia lewat pressing-pressingnya, Arab Saudi seperti mampu menerjemahkan instruksi dari pelatih juara Copa America 2016 lalu.

Sayangnya belum 15 menit laga bergulir, Yuri Gazinsky mampu membuka keunggulan bagi Rusia di menit ke-12 babak pertama. Umpan silang Aleksandr Golovin mampu dituntaskan Gazinsky dan gol ini membuat lini belakang Arab Saudi terlihat panik.

Berkat kepanikan tersebut, Arab Saudi akhirnya banyak melakukan kesalahan-kesalahan elementer yang membahayakan pertahanannya sendiri. Tepat dua menit sebelum turun minum, pemain pengganti Denis Cherysev mampu menambah keunggulan Rusia menjadi 2-0. Sepakan kerasnya tak mampu dihalau oleh kiper Arab Saudi, Al Muaiouf.

Arab Saudi tak mampu bangkit. Babak kedua, permainan mereka semakin tak leluasa karena Rusia mempu mengeksploitasi sisi bek sayap yang kerap meninggalkan lubang. Artem Dyzuba, pemain yang baru masuk di menit 70 ini, turut mencetak gol ketiga Rusia di menit ke-73 lewat sundulannya setelah menerima umpan silang  Golovin.

Agak sulit rasanya memilih siapa yang pantas menjadi man of the match, antara Golovin atau Cherysev. Ini dikarenakan Cherysev menyumbang gol keempat bagi Rusia sekaligus gol keduanya di laga ini lewat sepakan spektakulernya di menit 90. Namun Golovin pun tak mau kalah karena ia sukses menceploskan tendangan bebas di penghujung laga dan membuat tim tuan rumah menang dengan skor telak 5-0 dari Arab Saudi kali ini.

Comments