20 Jersey Terkeren Sepanjang Sejarah Piala Dunia [20-11]

Jersey memang menjadi komoditi tersendiri bagi tiap penikmat sepak bola. Mana saja jersey terkeren yang pernah ada sepanjang sejarah gelaran Piala Dunia? Kami punya jawabannya.

20. Selandia Baru, Tandang (2010)

All Blacks begitu terkenal di olahraga rugby karena kedigdayaan mereka di lapangan, jadi bisa dimengerti jika All Whites terbang ke Afrika Selatan dengan seragam tandang yang pada dasarnya merupakan sebuah tribut untuk kompatriot mereka di olahraga yang berbeda dan lebih berprestasi di sana. Mungkin mereka juga perlu membawa Richie McCaw dan mengandalkannya di lapangan?

Ivan Vicelich, Selandia Baru

19. Uruguay (1930)

Tim tuan rumah pertama Piala Dunia ini secara mengejutkan menjadi juara di edisi perdana turnamen ini: mengenakan seragam biru muda yang menarik, La Celeste yang secara tak terduga sangat keras ini berhasil mengandalkan keunggulan fisik mereka untuk merebut juara.

18. Club Atletico Kimberley, Prancis (1978)

Karena Prancis dan Hungaria memiliki warna seragam yang sama untuk pertandingan mereka, yaitu putih, Les Bleus akhirnya terpaksa meminjam seragam klub divisi bawah lokal, Club Atletico Kimberley, yang mengenakan seragam garis-garis hijau-putih, dan dengan senang hati meminjamkan seragam mereka kepada Michel Platini dkk. Ini adalah pertama kali (dan satu-satunya sejauh ini) seragam klub digunakan di Piala Dunia.

17. Argentina (1978)

Sebetulnya, seragam Argentina manapun bisa masuk dalam daftar ini, tetapi seragam ketika mereka juara pada 1978 adalah yang terbaik, mungkin karena ketika itu Buenos Aires sedang berada di musim dingin. Lengan panjangnya juga membuat seragam ini terlihat keren.

16. Kolombia (2014)

Ooh – benar-benar menarik perhatian. Garis-garis diagonalnya sangat keren, dan ada bagian-bagian yang menonjol, termasuk gambar Sombrero Vueltiao (topi populer di Kolombia) yang tersembunyi di bagian panel biru di dada, dan gambar Andean Condor di bagian punggung. Apalagi seragam ini dikenakan oleh James Rodriguez.

15. Kroasia (1998)

Ini mungkin seragam yang bisa membelah opini massa: bagi sebagian orang, seragam ini seharusnya masuk daftar ‘jersey buruk’ – tetapi negara yang relatif muda dari Eropa Timur ini jelas membuat semua orang menengok di Piala Dunia pertama mereka, dengan seragam berwarna senada dengan bendera mereka yang juga kotak-kotak itu. Davor Suker dan Slaven Billic mengenakannya dengan bangga hingga membawa tim mereka ke semifinal.

Davor Suker, Kroasia

14. Portugal (1966)

Ini mungkin jersey paling merah yang pernah dibuat – dilengkapi dengan nomor punggung berwarna hijau yang besar di punggung. Eusebio terlihat benar-benar keren dalam balutan jersey ini.

13. Brasil (1986)

Seperti Argentina, semua jersey Brasil benar-benar keren – tetapi terlebih-lebih lagi yang satu ini, yang dikenakan oleh Socrates, Zico, Josimar, Falcao, dan lainnya.

Socrates, Brazil

12. Denmark (1986)

Banyak anggota timnas Denmark yang pada akhirnya membuat kejutan dengan merebut gelar Euro ’92 berada di tim ini, dan ini adalah seragam terbaik mereka. Didesain oleh apparel raksasa, Hummel, seragam ini memiliki perpaduan garis-garis chevrons (di bagian bahu) dan pinstripes (garis-garis kecil) yang pas dikenakan oleh Michael Laudrup, Jan Molby, dan Jesper Olsen.

Michael Laudrup, Denmark

11. Skotlandia (1978)

Skotlandia yang banyak diunggulkan menjalani turnamen yang mengejutkan di ’78, namun tendangan cungkil Archie Gemmil ke gawang Jerman tetap merupakan salah satu gol paling dikenang dari turnamen ini, dan jersey yang ia kenakan pun sangat mencuri perhatian. Bahkan logo-logo Umbro yang saling berkait di bagian lengan terlihat bagus.

Asa Hartford, Skotlandia

URUTAN 10-1 BISA BACA DI SINI…

Comments