20 Jersey Terkeren Sepanjang Sejarah Piala Dunia [10-1]

Jersey memang menjadi komoditi tersendiri bagi tiap penikmat sepak bola. Mana saja jersey terkeren yang pernah ada sepanjang sejarah gelaran Piala Dunia? Kami punya jawabannya.

10. Prancis (1982)

Michel Platini sekarang mungkin dilihat secara negatif sebagai salah satu mantan pejabat yang ‘diusir’ dari sepakbola oleh Komite Etik FIFA, tetapi pada tahun 1982 lalu, ia adalah salah satu pemain yang patut diperhatikan. Dan ia pun mengenakan seragam terkeren yang pernah dibuat untuk timnas Prancis, dengan garis-garis tipis dan logo ayam jantan dan tulisan FFF yang tegas. Sangat keren.

Michel Platini, Prancis

9. Amerika Serikat, Tandang (1994)

Seperti Kroasia, ini juga bisa membelah opini publik: beberapa orang mungkin akan menganggap gambar bintang-bintang besar dan bahan yang terlihat denim terlihat berlebihan – mungkin perlu juga dilengkapi dengan gambar senjata api, burger, dan tulisan ‘THIS IS MURICA, F*CK YEAH!’ di bagian depan – tetapi kami memilih untuk memuji gaya beda mereka di sini. Dikenakan oleh lelaki pirang bernama Alexi Lalas.

Alexi Lalas, AS

8. Meksiko (1978)

Gaya seragam tricolour Meksiko tidak akan pernah lebih seksi daripada yang mereka kenakan di Argentina ’78. Seragam ini dibuat oleh Levi’s – suatu hal yang sangat langka – dan dikenakan dengan bangga oleh Leonardo Cuellar, seorang jenderal lini tengah dengan rambut kribo penuh dan brewok yang terlihat seperti muncul dari belakang panggung The Grateful Dead.

Leonardo Cuellar beraksi untuk Meksiko.

7. Zaire (1974)

Zaire menjalani turnamen yang perlu dilupakan di ’74 lalu – mereka dihajar 9-0 oleh Yugoslavia, dan diingat karena insiden Joseph Mwepu Ilunga berlari menendang bola yang seharusnya jadi tendangan bebas Brasil – tetapi mereka setidaknya tampil cukup keren berkat jersey ini.

Skuat timnas Zaire

6. Belgia (1982)

The Red Devils punya beberapa jersey keren selama ini – tetapi seragam mereka untuk Spanyol ’82, di mana garis kuning di bagian perut menyambung ke celana, adalah juaranya.

Timnas Belgia di Piala Dunia 1982.

5. Belanda (1974)

Johan Cruyff benar-benar keren di tahun 1974 – ia terlihat seperti baru saja turun dari sebuah speedboat di French Riviera, sambil merokok, dan baru saja melahirkan kelima anggota band The Strokes. ia juga merupakan pemain terbaik di Piala Dunia ’74, jauh melampaui pemain lainnya, dan mengenakan seragam terkeren – tetapi semakin hipster karena ia merobek salah satu garis di bagian bahu karena ia disponsori personal oleh Puma, dan membuatnya semakin baik. Seragam Oranje terbaik sepanjang masa.

Johan Cruyff, Belanda.

4. Inggris, Jersey Ketiga (1990)

Departemen desain Umbro benar-benar menggila di akhir ’80an karena membuat berbagai pola berlian di jersey-jersey mereka – mereka mungkin baru saja mendapatkan pensil baru – dan hasilnya seringkali berlebihan. Tetapi yang satu ini, entah bagaimana, terlihat klasik – dan bahkan digunakan oleh bintang utama New Order, Barney Sumner, di video klip World In Motion.

3. Uni Soviet (1966)

’66 tidak hanya dikenang karena Geoff Hurst dan pemain-pemain lainnya di lapangan – tetapi juga karena ada Uni Soviet yang hebat, yang kurang beruntung karena harus kalah dari Jerman di semifinal di Goodison Park. Namun tim dengan sebutan ini CCCP (yang merupakan kepanjangan dari Союз Советских Социалистических Республик, silakan artikan!) punya jersey terbaik di turnamen ini: warna merah polos dengan tulisan empat huruf di bagian dada.

Valeri Voronin, USSR

2. Jerman Barat (1990)

Fifth Symphony ciptaan Beethoven. Mercedes Benz. Arsitektur Stark Bauhaus. Lagu Kraftwerk tentang Robot. Wind of Change. Semuanya bisa dianggap sebagai salah satu kontribusi budaya terhebat dari Jerman. Tetapi, akuilah, semuanya bahkan masih kalah bagusnya dengan seragam ini, yang merupakan seragam yang ‘paling Adidas’, dan dikenakan oleh para raksasa seperti Voller, Klinsmann, dan Matthaus dalam perjalanan mereka untuk merebut kejayaan di Italia.

Skuat Jerman Barat di Piala Dunia 1990.

1. Peru (1978)

Sebuah masterpiece yang akan selalu berada di puncak daftar seragam sepakbola terbaik. Ini adalah jersey yang, tanpa usaha yang berlebihan, akan selalu terlihat luar biasa: dengan warna putih yang berkilau, logo Adidas yang klasik, dan garis-garis khas di bagian lengan – tetapi bagian logonya yang berukuran besar dan garis diagonal merah yang berani lah yang membuat seragam ini sangat menonjol. Begitu revolusioner dan mengintimidasi, sehingga tak heran jika desainer seragam-seragam Los Inca selanjutnya tetap melanjutkan formula yang sama.

Juan Carlos Oblitas, Peru

Comments