Piala Dunia 2018: Prancis Sukses Atasi Australia

Perjalanan Prancis di Piala Dunia 2018 diawali dengan hasil yang tidak terlalu meyakinkan.

Melawan Australia dalam laga pertama Grup C, Prancis berhasil meraih tiga poin dengan kemenangan 2-1 pada Sabtu (16/6) malam.

Bermain di Kazan Arena, sejak awal Prancis sudah bermain agresif dengan memainkan Antoine Griezmann, Kylian Mbappe dan Ousmane Dembele sebagai trisula lini depan. Sebagai tim yang tidak diunggulkan, Australia memakai formasi 4-5-1 agar bisa membuat tembok pertahanan yang lebih kuat menghadapi serangan Prancis.

Ternyata yang terjadi tidaklah seperti yang dibayangkan. Kedua tim sama-sama bermain terbuka. Australia beberapa kali membahayakan gawang Hugo Lloris. Begitu juga dengan Prancis melalui kaki Mbappe dan Griezmann.

Akhirnya gembok pertahanan Australia berhasil dibobol Prancis pada babak kedua setelah Griezmann dijatuhkan Josh Risdon di kotak penalti. Dengan tenang, Griezmann menendang bola dengan keras ke sisi kanan gawang Mathew Ryan yang hanya bisa terdiam melihat bola masuk ke gawang.

Proses pengambilan keputusan penalti Griezmann pun tidak mudah. Wasit Andres Cunha dari Uruguay harus melibatkan VAR dalam keputusannya ini.

Namun tidak butuh waktu lama bagi Australia untuk menyamakan kedudukan. Empat menit kemudian, Samuel Umtiti terlihat jelas menyentuh bola menggunakan tangannya. Kapten Australia, Mile Jedinak berhasil mengeksekusi bola dengan dingin.

Usaha Prancis yang tidak mampu menemui sasaran dalam situasi open play membuat Didier Deschamps memasukkan Olivier Giroud dan Nabil Fekir. Tapi faktor keberuntunganlah yang membuat Les Bleus berhasil kembali unggul.

Tendangan Paul Pogba di depan gawang Socceroos mengenai kaki salah satu pemain Australia dan bola melewati atas kepala Ryan yang tidak mampu menepisnya lalu bola membentur mistar dan jatuh melewati garis gawang.

2-1 untuk keunggulan Prancis tetap terjaga hingga peluit panjang ditiupkan.

Dengan hasil ini, sementara Prancis memimpin Grup C dengan tiga poin dan masih harus menghadapi Peru dan Denmark untuk memastikan diri lolos ke babak penyisihan.

Comments