Piala Dunia 2018: Jepang Catatkan Sejarah Setelah Bungkam Kolombia

Juventus vs Ajax – Tensi Lawan Juventus Lebih Tinggi Dibanding Lawan Madrid

Sejarah tercatat oleh Jepang setelah mereka menjadi negara benua Asia pertama yang berhasil mengalahkan negara benua Amerika Selatan, Kolombia dalam Piala Dunia.

Jepang meraih kemenangan 2-1 melawan Kolombia dalam pertandingan babak Grup H, Selasa (19/6) WIB. Digelar di Mordovia Arena, laga ini sudah dipenuhi keseruan sejak menit pertama.

Serangan cepat Jepang pada menit ke-3 membuat lini belakang Kolombia panik. David Ospina yang sudah maju dari posisi awalnya membuat gawang kosong melompong. Shinji Kagawa yang melihat gawang tanpa penjagaan langsung menendang bola, tapi Carlos Sanchez terpaksa menjulurkan tangannya agar bola tidak masuk. Dan tentu saja, Jepang mendapatkan penalti dan Sanchez harus menerima kartu merah.

Eksekusi dingin Kagawa membuat Jepang unggul 1-0.

Bermain dengan 10 pemain, ternyata tidak membuat Falcao dan kawan-kawan gentar. Mereka malah lebih mendominasi sejak gol Kagawa. Beberapa kali umpan lambung bisa disambut oleh Falcao, namun masih mudah diantisipasi oleh kiper Jepang, Eiji Kawashima.

Menit ke-39, Kolombia mendapatkan tendangan bebas di sisi kanan depan kotak penalti Jepang. Juan Quintero dengan jenius melesatkan bola mendatar yang menipu pagar betis pemain Jepang yang semuanya memilih untuk loncat. Bola mendatar yang tidak disangka-sangka ini membuat Kawashima kaget dan bola akhirnya masuk ke gawang.

Kawashima sempat memprotes ke wasit kalau bola belum masuk, namun melalui goal line technology, bola terlihat jelas sudah melewati garis gawang walaupun kiper veteran berusia 35 tahun itu berusaha membuang bola secepatnya.

Memasuki babak kedua, Jepang berbalik mendominasi. Melihat hal ini, James Rodriguez yang dikabarkan cedera akhirnya dimasukkan menggantikan Quintero. Jepang langsung merespon dengan mengganti Kagawa dengan Keisuke Honda.

Gilanya, Kolombia malah memasukkan penyerang lagi yaitu Carlos Bacca untuk berduet dengan Falcao.

Alih-alih bisa mendapat penguasaan bola yang baik, Kolombia malah kebobolan lewat sundulan Yuya Osako pada menit ke-73. Honda menjadi aktor utama setelah memberikan tendangan sepak pojok yang akurat untuk disambut Osako.

Usaha Kolombia yang semakin berani menyerang dalam sisa waktu yang tinggal sedikit tidak bisa menghasilkan satupun gol. Jepang keluar sebagai pemenang sekaligus membuat harum nama benua Asia karena akhirnya ada negara Asia yang bisa mengalahkan lawan dari benua Amerika Selatan dalam sejarah turnamen Piala Dunia.

Melihat peta kekuatan Grup H yang lebih seimbang, Jepang masih harus memenangkan satu pertandingan lagi, saat melawan Polandia atau Senegal, kalau ingin lolos ke babak penyisihan, sedangkan Kolombia tidak boleh kalah lagi kalau ingin mengulang kesuksesan Piala Dunia 2014.

Comments