Piala Dunia 2018: Senegal Kalahkan Polandia, Kejutan Di Grup H

Senegal berhasil membalikkan prediksi di atas kertas dengan menang 2-1 atas Lewandowski dan kawan-kawan.

Pertandingan digelar di kandang Spartak Moscow, Spartak Stadium pada Selasa (19/6) WIB. Polandia memakai taktik 4-2-3-1 dengan Robert Lewandowski sebagai ujung tombak dan didukung Arkadiuz Milik yang tepat ada di belakangnya. Senegal memakai formasi yang jarang terlihat dalam Piala Dunia kali ini yaitu 4-4-2 dengan duet Mbaye Niang – Mame Biram Diouf di lini depan.

Pertandingan berlangsung sengit. Sebagai tim yang diunggulkan, Polandia beberapa kali membahayakan gawang Khadim N’Diaye lewat tendangan Milik dan Lewandowski serta sundulan Jakub Błaszczykowski yang terlalu tinggi di atas mistar.

Senegal juga memberikan perlawananan. Terbukti dua kali Niang mencoba membobol gawang Wojciech Szczesny namun tidak ada satupun yang mengarah ke gawang. Bermain dengan pemain-pemain sayap yang memiliki kecepatan, Senegal secara sporadis memanfaatkan kelebihan itu.

Pada menit ke-37, petaka datang untuk Polandia. Kombinasi Niang dan kapten Sadio Mane berakhir di kaki Idrissa Gueye. Ia menendang ke arah gawang, tapi kaki Thiago Cionek yang mengenai bola mengubah arah bola dan membuat Szczesny mati langkah. Gol tersebut diputuskan sebagai gol bunuh diri Cionek.

1-0 untuk Senegal bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, kondisi permainan tetap sama. Lewandowski sempat mendapat peluang emas. Kecepatan larinya yang membelah pertahanan Senegal membuat Salif Sane harus menjatuhkannya tepat di depan kotak penalti. Sayangnya tendangan bebas yang dieksekusi oleh Lewandowski berhasil ditepis N’Diaye.

Petaka kedua datang untuk Polandia. Setelah kebobolan lewat gol bunuh diri, kali ini harus kebobolan lagi karena blunder tiga pemain sekaligus. Prosesnya berawal dari Grzegorz Krychowiak yang panik karena tekanan pemain Senegal. Ia memutuskan memberikan operan lambung ke Jan Bednarek yang tidak siap untuk menerima bola. Akhirnya bola liar tersebut berhasil direbut oleh Niang. Keputusan Szczesny untuk keluar sarang juga gagal. Niang menyentuh bola sekali saja untuk mengoceh kiper Juventus itu dan dengan tenang ia menendang bola ke gawang yang sudah kosong melompong.

Polandia berhasil memperkecilkan ketinggalan pada menit ke-86 berkat sundulan Krychowiak sekaligus penebusan dosa atas blundernya dalam gol kedua Senegal.

Tapi semuanya sudah terlambat. Waktu yang sudah menipis dan Senegal yang tetap berani bermain menyerang membuat Polandia tidak bisa leluasa menyerang total pertahanan Senegal.

Skor 2-1 tetap bertahan hingga akhir pertandingan dan ini berarti Senegal bertengger di puncak Grup H bersama Jepang, sedangkan Polandia menemani Kolombia dengan poin nol.

Comments