Manuel Neuer: Pemain Jerman Pahami Keputusan Pensiun Mesut Ozil

Rekan setim Mesut Ozil di timnas Jerman akhirnya angkat bicara menyoal keputusannya pensiun. Sosok yang berbicara kepada publik mengenai hal tersebut adalah kapten Die Mannschaft, Manuel Neuer (03/8).

Seperti yang telah diketahui, keputusan pensiun Ozil dari timnas Jerman beberapa waktu lalu menjadi kontroversi yang ramai dibahas publik. Isunya pun bervariatif: dari rasialisme yang diterima Ozil, membahas performa buruknya, hingga kurangnya rasa respek dari DFB (Federasi Sepakbola Jerman) kepada Ozil.

Gelandang serang berusia 29 tahun pensiun dengan total 92 caps dan 23 gol. Selama sembilan tahun bermain untuk timnas Jerman, prestasi terbesar Ozil yakni saat meraih titel Piala Dunia 2014 dan terpilih lima kali sebagai Pemain Terbaik Jerman.

Sayangnya, perpisahan Ozil dengan Jerman tidak berjalan dengan baik, khususnya setelah buruknya performa Jerman di Piala Dunia 2018. Kendati demikian, Neuer – mewakili rekan setimnya di Jerman – memahami dan menghargai keputusan pensiun Ozil.

“Keputusan seperti itu (pensiun) dibuat oleh masing-masing pemain. Ketika pemain lain berkata dia ingin melakukannya, maka itu sudah jadi keputusannya. Anda harus mencari alasannya sendiri dan dalam kasus tersebut, dia (Ozil) sudah menemukannya,” tutur Neuer di Goal.

“Kami tentu saja menerima keputusannya. Di masa lalu, para pemain juga mengakhiri kariernya di timnas pasca turnamen seperti Euro atau Piala Dunia,” sambungnya.

Terakhir, Neuer juga mengakui pembicaraan soal Ozil atau Ilkay Gundogan, dua pemain berdarah Turki yang jadi kambing hitam publik Jerman karena foto mereka dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, tidak akan terjadi jika Jerman tampil bagus di Piala Dunia 2018.

“Jika mereka (Ozil dan Gundogan) atau seluruh pemain tampil bagus di Piala Dunia, kita semua tidak akan ada di sini dan membicarakannya,” pungkas kiper Bayern Munchen itu.

Comments