Brighton 3-2 Man United: Buruknya Semangat Bermain Red Devils

Baru juga berjalan dua pekan di Premier League, Manchester United sudah menelan kekalahan perdananya musim ini melawan tim gurem yang berlokasi dekat pantai Falmer, East Sussex, Inggris, Brighton & Hove Albion (20/8).

Turun dengan pemain yang tidak jauh berbeda saat menang 2-1 kontra Leicester City di Old Trafford, seperti Paul Pogba, Andreas Pereira, Fred, Luke Shaw, Eric Bailly, Man United sudah tertinggal di menit 25 melalui gol yang diciptakan Glenn Murray.

Dengan mudahnya, Murray mengelabui dua bek tengah United, Bailly dan Victor Lindelof, dan mengoyak gawang David De Gea dengan sentuhan first time kala menyambut umpan silang mendatar Solomon March.

Pertahanan rapuh Man United kembali dibayar mahal dengan gol kedua Brighton yang tercipta hanya dalam waktu dua menit. Kali ini giliran Shane Duffy yang memanfaatkan kemelut di muka gawang United dari situasi bola mati. Dari jarak dekat, sepakan Duffy tak mampu dicegah De Gea. 2-0 Brighton – tidak terduga – menjauh.

Sebelum babak pertama berakhir, Man United memperkecilnya melalui gol Romelu Lukaku yang menyambar bola lambung hasil umpan silang rekan setimnya. Kedudukan 2-1 untuk keunggulan Brighton bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Man United memang lebih agresif dengan meningkatkan intensitas serangan. Akan tapi, pertahanan mereka masih sama buruknya seperti babak pertama.

Blunder kemudian terjadi di menit 43 ketika pemain Brighton merebut bola dari penguasaan Fred, lalu Pascal Gross melakukan penetrasi dan dijatuhkan Bailly. Gross yang menjadi eksekutor tidak menyia-nyiakan peluang tersebut dan membawa Brighton menjauh 3-1.

Jose Mourinho sudah memasukkan Marcus Rashford, Jesse Lingard, dan Marouane Fellaini untuk mengubah jalannya pertandingan. Namun, pertahanan Brighton solid membendung tiap serangan Man United.

Tim tamu baru bisa mencetak gol hiburan di menit 90+5 kala Fellaini dilanggar di area terlarang. Pogba mengonversi penalti menjadi gol dan tak lama setelahnya, waktu berakhir. Brighton menang 3-2.

“Kami kalah dan sikap yang kami perlihatkan, saya pikir kami memang tidak pantas menang, dari awal kami tahu laga akan sulit bermain melawan tim yang lebih kecil ketimbang Manchester United. Namun, sikap yang kami perlihatkan tidak seperti kami ingin mengalahkan mereka,” tutur Pogba pasca laga berakhir.

“Mereka (Brighton) lebih lapar (punya hasrat menang lebih besar) dari kami dan saya pikir mereka telah memperlihatkannya, saya berkata duluan ketika saya berkata sikap kami tidak benar,” lanjutnya.

Kekalahan itu semakin memperkeruh suasana internal Man United, menyusul isu ketidakbahagiaan Pogba bermain di bawah asuhan Mourinho, hingga kabar retaknya hubungan The Special One dengan jajaran direksi, khususnya Ed Woodward (Executive Vice-Chairman) karena tidak mendatangkan pemain-pemain top di bursa transfer musim panas.

Susunan Pemain:

Brighton (4-4-1-1): Ryan, Montoya, Dunk (Balogun 20′), Duffy, Bong, Propper, Stephens, Gross (Kayal 88′), March, Knockaert, Murray (Locadia 90′)

Manchester United (4-3-3): De Gea, Young, Lindelof, Bailly, Shaw, Pereira (Lingard 46′), Fred, Pogba, Martial (Fellaini 59′), Mata (Rashford 46′), Lukaku.

Comments