Pele: Kemampuan Messi Tak Lengkap

Mantan juara dunia tiga kali asal Brazil, Pele, baru-baru ini angkat suara (lagi) perihal pemain sepakbola terbaik sepanjang masa. Ia mengklaim dirinya jauh lebih baik daripada pemain-pemain di generasi sekarang.

Salah satu perbandingannya adalah dengan Lionel Messi. Kapten Barcelona dan tim nasional Argentina tersebut dianggap kemampuannya tak terlalu lengkap jika dibandingkan dnegan dirinya saat masih bermain dulu.

“Bagaimana bisa Anda membandingkan seseorang yang baik dalam menyundul bola, menendang pakai kaki kiri dan kanan dengan yang hanya menendang pakai satu kaki, punya satu kemampuan dan tak bagus menyundul?” ujar Pele kepada Folha de Sao Paulo yang kami lansir dari laman Goal. “Bagaimana bisa Anda membandingkannya? Untuk dibandingkan dengan Pele, harus merupakan seseorang yang mampu menendang sama baiknya dengan kaki kiri dan kanan, serta juga piawai mencetak gol dengan kepala.”

Legenda Brazil ini juga menyebut nama Johan Cruyff dan Franz Beckenbauer sebagai pemain yang luar biasa. Selain dua nama tersebut, Pele juga menyebutkan nama Maradona yang ia anggap jauh lebih baik ketimbang Messi dan ada sejajar dengannya.

Comments