Hasil Kualifikasi EURO 2020, Ukraina vs Portugal (2-1): Portugal Terjungkal

Ukraina vs Portugal Cristiano Ronaldo

FOXSPORTS.CO.ID – Duel kualifikasi Euro 2020 Grup B antara Ukraina vs Portugal berakhir dengan kemenangan untuk tuan rumah dengan skor 2-1. Ukraina sudah unggul 2-0 di babak pertama, namu harus kehilangan satu pemain di babak kedua sebelum Cristiano Ronaldo mempertipis ketertinggalan.

Dalam laga Ukraina vs Portugal yang dihelat di NSC Olimpiysky, Ukraina, pada Selasa (15/10) dini hari WIB, dua gol tuan rumah di babak pertama dilesakkan oleh Roman Yaremchuk dan Andriy Yarmolenko.

Ukraina unggul cepat pada menit ke-6 melalui skema tendangan bebas yang dieksekusi Marlos. Bola kemudian disundul Sergey Krivstov dan bisa ditepis kiper Rui Patricio. Namun bola muntahan justru bisa disambar Yaremchuk untuk membuka keunggulan bagi tuan rumah.

Ukraina menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-27 setelah Yarmolenko berhasil melesakkan bola ke gawang tim tamu berkat umpan matang Vitali Mykolenko. Skor 2-0 menutup jalannya pertandingan di babak pertama.

Portugal yang berupaya mengejar skor lebih aktif menciptakan peluang di babak kedua. Tercatat dua pelaung tercipta sebelum Cristiano Ronaldo mencetak gol untuk Portugal pada menit ke-72 melalui titik putih.

Penalti Ronaldo sendiri adalah hasil pelanggaran Taras Stepanenko yang melakukan handball di kotak penaltinya. Akibat pelanggaran tersebut dia menerima kartu kuning kedua dan harus keluar lapangan. Sementara Ronaldo sukses menjalankan tugasnya sebagai eksekutor.

Sayangnya gol Ronaldo tak mampu menginspirasi lahirnya gol kedua. Skor 2-1 bertahan hinggal peluit panjang berbunyi dan Ukraina lolos ke putaran final Euro 2020.

Sementara Portugal kini menduduki peringkat kedua Grup B dengan 11 poin dari enam laga. Mereka hanya selisih satu poin dari Serbia yang ada di posisi ketiga dan sama-sama telah memainkan enam laga.

Susunan pemain Ukraina vs Portugal

Ukraina: Andriy Pyatov; Oleksandr Karavaev, Sergey Krivstov, Mykola Matvyenko, Vitali Mykolenko (Igor Plastun 94′); Taras Stepaneko, Andriy Yarmolenko, Oleksandr Zinchenko, Ruslan Malinovskiy, Marlos Bonfim (Yevhen Konoplyanka 63′); Roman Yaremchuk (Viktor Kovalenko 73′).

Portugal: Rui Patricio; Nelson Semedo, Ruben Dias, Pepe, Raphael Guerreiro; Joao Moutinho (Bruno Fernandes 56′), Danilo Pereira, Joao Mario (Bruma 68′); Bernardo Silva, Cristiano Ronaldo, Goncalo Guedes (Joao Felix 46′).

Comments