Lionel Messi raih sepatu emas kelima

“Real Madrid Punya Versi yang Lebih Baik dari Sekarang”, Zidane

Kapten baru Barcelona itu untuk kali kelima sukses memenangi Sepatu Emas Eropa.

Barcelona sukses menutup La Liga Spanyol 2017/18 dengan manis lewat kemenangan tipis 1-0 atas Real Sociedad, pada jornada pamungkas, Senin (21/5) dini hari WIB.

Selain jadi duel pamungkas legenda hidup Barca, Andres Iniesta, partai itu juga jadi pemasti bintang utama mereka, Lionel Messi, memenangkan Sepatu Emas Eropa musim ini.

Turun sebagai pemain pengganti di menit ke-67, Messi memang gagal menyumbangkan gol. Namun koleksi golnya di La Liga musim ini yang menginjak angka 34, faktanya tak bisa ditandingi oleh topskor Liga Eropa manapun.

Messi jadi pemenang setelah mengungguli dua kandidat terdekatnya yang sama-sama berasal dari Liga Primer Inggris. Mereka adalah Mohamed Salah dengan 32 gol dan Harry Kane lewat 30 gol.

Gelar ini juga jadi Sepatu Emas kelima La Pulga sepanjang kariernya, dengan dua di antaranya diraih dalam tiga musim terakhir. Catatan yang tak bisa disamai pemain manapun, termasuk Cristiano Ronaldo dengan empat Sepatu Emas Eropa.

Sebelum Messi menjadi raja gol Benua Biru dalam dua musim terakhir, uniknya rekan setimnya, Luis Suarez, yang terakhir memenanginya pada kampanye 2015/16 lalu.

 

Comments