Mantan Presiden Terlama FC Barcelona Meninggal Dunia

Kabar duka datang dari klub raksasa asal Katalunya yaitu FC Barcelona, yang baru saja ditinggalkan oleh salah satu mantan presidennya, Josep Lluis Nunez. Ia mengembuskan nafas terakhirnya pada usia yang ke-87 tahun.

Nunez bagaimanapun adalah guratan tinta emas dalam era lampau Barca. Ia memimpin klub sejak tahun 1978 hingga tahun 2000 silam. Total 22 tahun ia mengabdi untuk klub tercintanya dan banyak menghasilkan trofi sekaligus peninggalan bersejarah untuk El Barca.

Sekitar 176 trofi ia dapatkan dari Barca di empat cabang olahraga, yaitu sepakbola, basket, hoki dan bola tangan. Ini jelas capaian luar biasa dalam sejarah klub dan salah satu era terbaiknya adalah lahirnya The Dream Team era kepelatihan Johan Cruyff yang menjuarai Piala Champions untuk pertama kalinya pada awal 90an silam.

Selain itu juga, Nunez berperan besar dalam modernisasi klub seperti pembangunan Miniestadi pada 1982 dan Barca Museum pada 1984. Belum lagi pada tahun 1979, cikal bakal akademi sepakbola paling hebat di kolong jagat, La Masia ia buka juga atas saran dari Cruyff saat itu. Selamat jalan, Senor!

(sumber gambar: sport.es)

Comments