Dua Klub Peserta Liga 1 2019 Indonesia Kena Embargo Transfer FIFA

FOXSPORTS.CO.ID – Masih ingat dengan embargo transfer FIFA yang menimpa Chelsea musim 2019/20 ini atau yang juga pernah menimpa Barcelona hingga Atletico Madrid beberapa musim silam. Ya, kini embargo transfer dari FIFA pun menimpa peserta klub Liga 1 2019 Indonesia.

Dua klub yang mendapatkan hukuman tersebut adalah Semen Padang dan PS TIRA Persikabo. Mereka disebutkan tidak boleh ikut beraktivitas di bursa transfer pemain hingga tiga periode jendela transfer atau kira-kira satu setengah tahun/musim.

Jika Barcelona misalnya dihukum karena merekrut pemain luar Eropa di bawah umur dan kena hukuman, maka PS TIRA Persikabo dan Semen Padang terlilit masalah utang dan sengketa ketenaga kerjaan pemain dan klub.

PS TIRA Persikabo dikabarkan masih menunggak gaji mantan pemain asing pada Liga 1 2017, Elio Bruno Martins dan Semen Padang bermasalah dengan gaji pemain asing, Tristan Kosko.

“Sebenarnya FIFA juga sudah mengirimkan email langsung ke Semen Padang dan PS TIRA Persikabo, tetapi PSSI meminta kami untuk mengirimkan juga ke semua klub,” ucap Manajer kompetisi PT LIB, Asep Saputra dilansir dari laman Bolasport.

“Jadi mereka tidak boleh melalukan trasfer pemain dalam tiga periode. Dua di tahun 2020 dan satu di tahun 2021. Itu semua pemain baik lokal ataupun asing. Mereka juga tidak bisa melakukan pendaftaran pemain, artinya memang akses mereka akan ditutup,” tutup Asep Saputra.

Mengutip dari Kumparan, FIFA juga pernah menjatuhi hukuman kepada klub Indonesia akibat kasus penunggakan gaji. Pada 2018, PSMS Medan disanksi pengurangan poin karena kasus tersebut.

Comments