Dirut PT Liga Pastikan Kompetisi 2020 Tak Dibagi Ke Dua Wilayah

FOXSPORTS.CO.ID – Bagi mereka yang sudah ikuti kompetisi antar klub di Indonesia sejak lama, format dua wilayah barat dan timur memang bukan lagi hal baru. Format tersebut dipakai sebagai upaya penghematan biaya perjalanan di laga tandang.

Terkahir kali Liga Indonesia menggunakan format seperti ini adalah tahun 2014 silam. Saat itu empat tim dari wilayah barat yaitu Arema, Persib, Semen Padang dan Pelita Bandung Raya lolos ke delapan besar.

Sedangkan di wilayah timur meloloskan Persebaya, Persipura, Mitra Kukar dan Persela. Dua tim teratas tiap grup yaitu Persib, PBR, Arema dan Persipura lolos ke semifinal. Persib tekuk Arema untuk lolos ke final dan Persipura kalahkan PBR saat itu. Di partai final, Persib kandaskan Persipura lewat babak adu penalti.

Sebetulnya di musim 2013, sistem yang dipakai hanya satu wilayah seperti musim 2015 hingga saat ini. Kemudian wacana dua wilayah itu muncul lagi di tahun 2020 ini, yang lagi-lagi mempertimbangkan masalah biaya dan jarak tempuh laga tandang.

“Kompetisi akan berjalan seperti biasa, tidak ada rencana untuk menjadi dua wilayah,” kata Dirk Soplanit selaku direktur utama LIB yang kami lansir dari laman Goal.

Comments