FITUR: Cinta Warga Asing Untuk Klub-Klub Indonesia

FOXSPORTS.CO.ID – Sama seperti cinta, sepakbola juga bersifat universal. Magis dan ikatan emosionalnya bisa menembus batas. Termasuk fenomena para warga asing yang ternyata mencintai klub-klub di lingkup sepakbola Indonesia.

Sepakbola Indonesia tersohor memiliki gairah besar. Salah satu yang terbaik di planet bumi. Maka, menjadi sesuatu yang wajar apabila bukan hanya warga asing juga terkena daya tarik dari sepakbola Indonesia yang dikenal memiliki atmosfer hebat ini. Salah satu bukti bagaimana esensi universal dari sepakbola yang bisa menembus batas-batas negara.

FOX Sports Indonesia mendapatkan kesempatan mendengarkan cerita dari para warga asing yang memiliki ikatan emosional kepada klub-klub di lingkup sepakbola Indonesia. Berikut daftarnya:

Joseph Pivoriunas (@sepakbule)/Persija Jakarta

Mungkin banyak dari Anda tidak menyangka. Tetapi cinta untuk sepakbola bisa hadir dari orang yang berasal dari negara di mana sepakbola tidak terlalu populer. Joseph Pivoriunas atau yang akrab disapa sebagai Bang Ucup ini adalah penggemar Persija Jakarta. Ia berasal dari Amerika Serikat dan sudah tiga tahun tinggal di Indonesia.

Menurut Bang Ucup, Persija merupakan tim yang bukan saja mewakili Ibukota Jakarta. Tetapi juga seluruh warga yang tinggal di sini. Pemain favorit dari pria keturunan Lithuania ini adalah Bambang Pamungkas yang baru saja pensiun. Pemain anyar Evan Dimas juga menarik perhatian dirinya. Wajah asing dan janggutnya membua banyak penggemar menyangka ia adalah mantan bek asing Persija asal Prancis, Steven Paulle.

Tasos Anastasopoulos (@PanioniosJak)/Persib Bandung

Jauh dari Yunani, Tasos Anastasopoulos memendam cinta besar untuk sepakbola Indonesia. Ia pertama kali datang ke tanah air pada tahun 2011 lalu. Hatinya tertambat pada Persib Bandung setelah melihat permainan dari sayap yang terkenal itu. Karena Tasos menyebut bahwa dirinya senang dengan permainan cepat. Ikatan emosional dan passion para bobotoh ketika mendukung tim menjadi alasan lain mengapa Tasos juga ikut mencintai tim yang berdomisili di Kota Bandung tersebut.

AFC emergency meeting – more games likely posptoned

Edwin Klok (@EdwinKBali)/Bali United

Nama belakangnya mirip dengan pemain Persija Jakarta, tetapi ternyata Edwin Klok tidak memiliki hubungan darah apapun dengan Marc Klok. Tiba di Indonesia sejak tahun 2010, Edwin yang berprofesi sebagai Hotelieur ini nyatanya memiliki ikatan besar dengan Indonesia. Edwin menyebut bahwa sang ayah lahir di Indonesia.

Alasan utama Edwin mendukung Bali United adalah ia selalu memegang prinsip untuk mendukung tim lokal tempat domisili di mana ia berada. Kemunculan Bali United langsung membuatnya jatuh hati. Di mana kapten tim Fadil Sausu menjadi pemain idolanya. Bagi Edwin, kaki kiri Fadil Sausu adalah yang terbaik di Liga 1.

Rick Braker (@BelandaBonek)/Perseabaya Surabaya

Bonek sudah terkenal dengan ikatan emosional mereka kepada klub Persebaya Surabaya. Termasuk bagi Rick Braker yang berasal dari Belanda. Ia langsung jatuh hati kepada tim Bajul Ijo dan Bonek ketika melihat video dari laman Youtube. Setelahnya, Rick mulai sering menyempatkan waktu untuk datang ke Indonesia hanya untuk menyaksikan Persebaya.

Rick sangat terkesan dengan atmosfer yang ditunjukan ketika Persebaya bertanding. Ia menyebut bahwa laga kandang Persebaya yang dipenuhi oleh Bonek adalah sebuah pengalaman yang mesti dirasakan oleh banyak orang. Pemain favorit Rick sendiri adalah winger lincah Persebaya, Irfan Jaya.

 

 

Comments