Menyigi Kemungkinan Komposisi Lini Serang Persebaya Surabaya

Juventus vs Ajax – Ronaldo Akan Jauh Lebih Baik Melawan Ajax

Terlihat bergerak lambat dalam perburuan pemain, tapi Persebaya Surabaya kemudian melengkapi skuat mereka dengan sangat baik. Amido Balde dan Manu Dzhalilov didatangkan untuk mengisi tempat yang ditinggalkan David da Silva. Persebaya memiliki potensi daya ledak yang luar biasa di musim kompetisi mendatang.

Banyak yang berpendapat bahwa lini serang Madura United adalah yang paling menakutkan di Liga 1 musim mendatang. Komposisi Aleksander Rakic, Greg Nwokolo, dan Andik Vermansyah yang ditopang oleh Zah Rahan, boleh jadi akan memberikan fear factor kepada tim-tim lawan. Tetapi komposisi yang dimiliki oleh Persebaya pun tidak kalah menarik. Apalagi pelatih Djadjang Nurdjaman tersohor andal untuk membuat anak asuhnya bermain di skema yang berbeda-beda dalam setiap pertandingan.

Ideal: Skema Dua Penyerang

Komposis lini serang paling ideal bagi Persebaya tentu adalah memainkan Amido Balde dan Manu Dzalilov secara bersamaan di lini serang. coach Djanur bisa saja mereplikasi peran kerja duet Ezechiel N’Douassel dan Jonathan Bauman di Persib Bandung musim lalu kepada Balde dan Dzhalilov. Balde akan berperan sebagai ujung tombak, sementara Dzhalilov akan bermain tepat dibelakangnya sebagai penyerang lubang.

Kombinasi ini memungkinkan Persebaya bisa memanfaatkan lini kedua sekaligus memaksimalkan sektor sayap. Keberadaan Balde dan Dzhalilov yang bisa terus bergerak tentu akan membuat penyerangan Bajul Ijo menjadi lebih cair. Seandainya Dzhalilov yang berfungsi sebagai penopang di lini serang mesti absen pun, Persebaya masih memiliki Irfan Jaya dan Oktafianus Fernando. Atau, mereka bisa memainkan Fandi Eko Utomo di posisi favoritnya ketimbang memainkannya melebar di sektor sayap.

Skema dua penyerang ini membuat Persebaya bisa memainkan lebih banyak pemain di sektor gelandang. Dengan kata lain, mereka bisa dengan lebih leluasa memberikan tugas di area penyerangan kepada Balde dan Dzhalilov.

Comments