Presiden Napoli: Liverpool dan Roma Seharusnya Dilarang Bermain di Liga Champions

Juventus vs Ajax – Tensi Lawan Juventus Lebih Tinggi Dibanding Lawan Madrid

Aurelio De Laurentiis, Presiden Napoli, terkenal sebagai pemilik klub yang kontroversial dengan ucapan-ucapan yang kerap dilontarkannya ke publik. Belum selesai pembicaraan soal komentarnya tentang eks pelatih Napoli, Maurizio Sarri, yang kini melatih Chelsea, De Laurentiis kini berbicara mengenai Liverpool dan AS Roma (17/8).

Semua bermula dari jawaban De Laurentiis yang menjawab pertanyaan media tentang penjualan Alisson Becker yang dilakukan Roma ke Liverpool sebesar 72,5 juta euro. Alisson sempat dihubungkan bergabung dengan Napoli, namun, Roma menolak melepas kiper asal Brasil itu ke rival langsung di Serie A.

“Roma? Mereka banyak berubah dan saya tak tahu apakah itu bagus (atau tidak). Saya tidak akan menjual Alisson, bahkan jika ada yang menawar 100 juta euro. Saya menawar 60 juta euro untuknya, tapi Roma tidak ingin menjualnya kepada saya,” tutur De Laurentiis, diberitakan Calciomercato.

De Laurentiis kemudian melebarkan topik pembicaraannya ke arah yang lebih besar, yakni pemilik Roma dan Liverpool. Menurut De Laurentiis, Roma dan Liverpool seharusnya dilarang bermain di Liga Champions karena dimiliki oleh pemilik klub yang sama.

“Saya punya keraguan bahwa Liverpool dan Roma dimiliki oleh pemilik klub yang sama. Saya diberitahu oleh seseorang beberapa tahun lalu dan jika memang itu benar, maka mereka seharusnya tidak diperbolehkan bermain di Liga Champions,” papar De Laurentiis.

Komentar De Laurentiis itu jelas menyisakan cerita yang akan dibicarakan oleh publik. Menurut aturan UEFA, dua klub yang bermain di Liga Champions memang tidak diperbolehkan bermain apabila memiliki pemilik klub yang sama.

Liverpool dimiliki oleh Fenway Sports Group, sementara Roma dipimpin oleh pengusaha asal Amerika Serikat, James Pallotta, yang sudah memegang saham besar Roma sejak 2011. Palotta juga memiliki saham minoritas di tim NBA, Boston Celtics. Sedangkan Fenway Group juga memiliki saham di tim baseball (Major League Baseball – MLB), Boston Red Sox.

Musim lalu, ketika Roma dan Liverpool bertemu di Liga Champions, media Italia sempat memberi tajuk Boston Derby karena pemilik kedua klub berasal dari Boston. Tentu saja, apa yang diutarakan De Laurentiis baru sekedar teori yang belum terbukti kebenarannya. Namun, ucapannya tentu akan berbuntut panjang dan mungkin … penyelidikan dari UEFA.

Comments