5 Kandidat Peraih Sepatu Emas Piala Dunia

Gelaran Piala Dunia selalu menghadirkan gol-gol hebat dari aksi para pemain brilian. Hal serupa diharapkan terjadi pada Piala Dunia 2018.

Selain gelar juara, peraih pencetak gol terbanyak dalam gelaran Piala Dunia juga selalu menarik dibahas. Uniknya, peraih Sepatu Emas tidak melulu datang dari tim juara.

Nama besar dari tim besar juga bukan jaminan. Davor Suker pada 1998 dan James Rodriguez pada 2014 menjadi dua contoh nyata.

Namun, salah satu syarat tak tertulis peraih Sepatu Emas adalah timnya bisa lolos hingga ke perempat final. Pengecualian hanya pada 1994 ketika Oleg Salenko bersama Rusia tersisih di fase grup.

Berdasar kans negaranya lolos ke perempat final, berikut adalah 5 kandidat peraih Sepatu Emas Piala Dunia 2018:

LIONEL MESSI

Tak bisa dimungkiri, Lionel Messi selalu masuk daftar kandidat peraih pencetak gol terbanyak dalam gelaran Piala Dunia. Termasuk pada gelaran Piala Dunia 2018.

Tahun ini, Messi punya ambisi bersama Argentina. Dia ingin mengakhiri kegagalan tiga kali pada partai final kompetisi antarnegara.

Ketiadaan Mauro Icardi yang egoistis dalam hal pemanfaatan peluang, membuka lebar keran gol Messi. Apalagi, dia juga tercatat sebagai eksekutor bola mati di timnya.

NEYMAR

Tahun ini, Neymar masuk periode emas sebagai pesepak bola. Ditopang sejumlah talenta lain di timnas Brasil, pemain termahal di dunia itu punya kesempatan besar menjadi pencetak gol terbanyak.

Para penyerang lain di Selecao bukanlah pemain individualistis dalam pemanfaatan peluang. Roberto Firmino atau Philippe Coutinho sudah pasti akan menjadi pelayan bagi Neymar.

Namun, tantangan Neymar cuma satu. Hal itu adalah kebugaran fisiknya seusai mengalami cedera selama tiga bulan.

ANTOINE GRIEZMANN

Produktivitas Antoine Griezmann sudah tampak bersama Atletico Madrid. Hal itu pun menular ke timnas Prancis.

Griezmann kini sudah mengoleksi 20 gol dalam 53 pertandingan bersama Les Bleus. Dia juga mengkreasi 13 gol bagi rekan-rekannya.

Kemampuan menjadi pembuka ruang itu menjadi nilai lebih Griezmann. Namun, hal itu juga bisa menjadi handicap dia dalam perburuan top skorer.

CRISTIANO RONALDO

Tak bisa terbantahkan. Cristiano Ronaldo menjadi tumpuan tunggal lini depan timnas Portugal sehingga membuka peluangnya menjadi top skorer Piala Dunia 2018.

Ronaldo juga terbantu karena Portugal masuk dalam grup yang relatif ringan. Hanya Spanyol yang paling menyulitkan, Maroko dan Iran bisa jadi lumbung gol.

Ketika melangkah, Ronaldo dkk juga kemungkinan akan menghadapi Uruguay atau Rusia. Tentu Portugal punya keunggulan dari sisi kolektivitas permainan.

THOMAS MUELLER

Dalam dua Piala Dunia terakhir, Thomas Mueller selalu bisa melaluinya dengan torehan lima gol. Torehan itu bisa berlanjut pada Rusia 2018.

Mueller kini dalam usia emas, 28 tahun. Dia juga punya ambisi untuk mengejar rekor gol terbanyak Piala Dunia dengan 16 gol.

Dengan torehan 10 gol, Mueller masih punya kesempatan untuk mengejar catatan Miroslav Klose. Meski bukan sebagai target man, Mueller punya peluang untuk menipiskan jarak.

Comments