Theerathon Bunmathan Di Gelora Bung Karno: 2011 Kena Kartu Merah, 2019 Cetak Gol

Thailand membuat ribuan pendukung Indonesia terbungkam. War Elephant sukses menaklukkan Tim Garuda di kandang mereka sendiri, Gelora Bung Karno, dengan skor 3-0 pada ajang kualifikasi Piala Dunia 2022, Selasa (10/9). Kemenangan ini juga memiliki cerita tersendiri bagi bek kiri, Theerathon Bunmathan.

Theerathon mencetak satu dari tiga gol kemenangan Thailand atas Indonesia. Pada babak kedua sebuah serangan Thailand berujung dengan dilanggarnya Supachok Sarachat di kotak terlarang oleh kiper Indonesia, Andritany Ardhiyasa. Wasit kemudian menunjuk titik putih. Theerathon yang menjadi algojo sukses menjalankan tugasnya dengan sempurna.

Gol yang dicetak Theerathon ke gawang Indonesia memiliki makna tersendiri. Karena, hampir satu dekade lalu, Theerathon bermain di stadion yang sama, di ajang SEA Games dan hasilnya agak berbeda.

Thailand have striker shortage ahead of World Cup Qualifiers

Teerathon kala itu mesti berhadapan dengan Andik Vermansah. Ia cukup kewalahan mengawal pemain kini membela Madura United tersebut. Hingga akhirnya Teerathon kemudian menjatuhkan Andik dua kali dalam selang beberapa menit, hingga kemudian wasit memberikan kartu merah kepadanya.

Kartu merah yang didapatkan Theerathon pada laga tersebut menjadi catatan tersendiri. Karena beberapa hari sebelumnya, ketika melakukan debut untuk timnas senior Thailand, ia juga mendapatkan kartu merah. Catatan dua kartu merah di dua pertandingan tersebut membuat Theerathon menjadi pemain yang mendapat dua kartu merah dalam waktu tercepat. Yaitu hanya dalam dua pertandingan saja.

Sebuah tendangan yang melesat mulus mengoyak gawang Andritany. Ekspresi Theerathon Bunmathan ketika merayakan gol setidaknya menunjukkan bahwa ia sudah lupa apa yang terjadi di stadion yang sama pada tahun 2011.

Comments