Piala AFF 2018: Ketika Suporter Awayday dari Indonesia Menyindir Tim Mereka Sendiri

Tim nasional Indonesia memulai kampanye Piala AFF 2018 mereka melawan Singapura di Singapore National Stadium pada hari Jumat malam waktu setempat. Dan para penggemar Indonesia yang melakukan perjalanan awayday tersebut, tampaknya tidak terlalu bermasalah saat mereka melakukan sindiran kepada tim nasional mereka sendiri.

Sekitar 1.300 pendukung Indonesia melakukan perjalanan dari Jakarta untuk mendukung tim mereka bersama sekitar 300 warga Indonesia yang berbasis di Singapura, dan penyelenggara telah mengalokasikan area khusus untuk para pendukung timnas bertandang di Singapura kali ini.

Saat mereka sampai di stadion, mereka berada di posisi terbaik mereka untuk menyemangati tim nasional dengan suara serta sorakan mereka. Tapi mereka juga memutuskan untuk melakukan sindiran (banter) di level yang lain sebelum laga dimulai, dengan memasang spanduk putih yang cukup besar di tribun saat itu.

Spanduk yang diarahkan pada pemain tim nasional mereka sendiri tersebut bertuliskan: “Tidak malukah kalian dnegan prestasi juniormu??”

Tim nasional U19 dan U16 Indonesia, mampu mencapai perempat final Piala Asia AFC U19 dan U16 yang baru-baru ini usai. Sementara tim U23 mereka juga mencapai fase gugur 16 besar Asian Games 2019 yang juga diselenggarakan disini.

Namun, tim nasional senior yang dilatih oleh Bima Sakti, yang belum memenangkan Piala AFF meskipun mencapai lima kali final pada beberapa kesempatan sebelumnya, belum pernah sama sekali merengkuh trofi AFF ini.

Miskin gelar di level senior ini tampaknya telah mendorong para suporter Indonesia untuk membentangkan spanduk tersebut. Meskipun spanduk itu diturunkan tidak lama setelah dibentangkan, para suporter skuat Garuda akan berharap hal ini bisa melecut semangat pemain Indonesia yang menargetkan menjadi juara untuk pertama kalinya di ajang sepakbola paling bergengsi di ASEAN ini.

Comments