Piala AFF 2018, Indonesia kalah 0-1 di kandang Singapura

Singapura_INdonesia_AFF SUZUKI CUP

Timnas Indonesia kalah 0-1 dari Singapura pada laga perdana penyisihan Grup B Piala AFF 2018 di Stadion Nasional, Singapura, Jumat (9/11/2018). Gol kemenangan tuan rumah dicetak Harris Harun pada menit ke-37.

Hasil ini menempatkan Singapura di peringkat kedua klasemen sementara. Klub berjulukan The Lions ini kalah selisih gol dari Thailand yang pada saat bersamaan melibas Timor Leste 7-0.

Sementara itu, Indonesia ada di peringkat keempat, disusul Timor Leste sebagai juru kunci. Selanjutnya, Indonesia akan menjamu Timor Leste pada 13 November sedangkan Singapura melawan Filipina.

Indonesia tampil dominan karena penguasaan bola mencapai 62 persen. Namun, tuan rumah bermain lebih efektif karena menghasilkan 10 tendangan ke arah gawang di mana empat tembakan tepat sasaran. Bandingkan dengan Indonesia yang hanya membuat lima tembakan di mana hanya satu yang on-target.

Singapura memecah kebuntuan pada menit ke-37. Berawal dari serangan di sektor kiri pertahanan Indonesia, bola diumpan ke jantung pertahanan. Harris Harun yang berdiri tanpa kawalan setelah menerima bola muntah, dengan mudah melepaskan tembakan untuk membobol gawang Andritany Ardhiyasa.

Laga ini pun diwarnai satu kartu merah untuk pemain Indonesia, Putu Gede. Dia menerima kartu kuning kedua saat injury time.

Susunan Pemain:

Singapura (3-6-1): Hassan Abdullah Sunny; Muhammad Shakir Hamzah (Nasrul Nazari 85′), Irfan Fandi Ahmad, Muhammad Safuwan Baharudin; Muhammad Zulqarnaen Suzliman, Muhammad Faris Ramli, Muhammad Tasir Hanapi, Muhammad Izzdin Shafiq Yacob, Harris Harun, Gabriel Quak Yil (Adam Swandi 77′); Ikhsan Fandi Ahmad

Pelatih: Fandy Ahmad

Indonesia (4-5-1): Andritany Ardhiyasa; Putu Gede Juniantara, Ricky Fajrin (Fachrudin Aryanto 64′), Hansamu Yama Pranata, Rizky Pora; Evan Dimas Darmono, Zulfiandi, Irfan Jaya (Riko Simanjuntak 46′), Stefano Lilipaly (Septian David 84′), Febri Hariyadi; Alberto Goncalves.

Pelatih: Bima Sakti

Comments