Indonesia kalah 0-1 dari Singapura, Bima Sakti memiliki pekerjaan rumah

febri hariyadi_PSSI.ORG

Tim nasional Indonesia kalah 0-1 melawan Singapura pada laga perdana penyisihan Grup B Piala AFF 2018 di Stadion Nasional, Singapura, Jumat (9/11) malam. Pelatih Bima Sakti mengaku akan membenahi mental pemain yang terlihat sangat emosional hampir sepanjang laga.

Berdasarkan statistis, Indonesia mendominasi permainan karena meraih 62 persen penguasaan bola. Namun Singapura bermain lebih efektif karena menghasilkan 10 tendangan ke arah gawang di mana empat on target. Sementara itu, Indonesia hanya melakukan lima tembakan dan hanya satu yang tepat sasaran.

Hasil ini pun menandai debut yang kurang indah bagi Bima yang ditunjuk membawa Evan Dimas dkk tampil dalam turnamen antarnegara Asia Tenggara tersebut. Bima menyatakan bertanggung jawab atas semua kejadian di lapangan dan memiliki pekerjaan rumah membangkitkan mental pemain.

“Pertandingan pertama biasanya tekanan sangat berat dan harus siap mental. Pemain yang bermain baik biasanya mereka yang bisa menyiapkan mentalnya dengan baik juga. Ini tanggung jawab saya,” kata Bima dikutip dari situs resmi PSSI.

Buat Bima, faktor mental cukup penting. Ia ingin pemainnya bisa mengontrol emosi.

“Pemain harus fokus pada pertandingan dan selalu waspada selama pertandingan. Saya rasa Singapura memiliki organisasi permainan yang baik untuk pertahanan. Selain itu juga transisi setelah bertahan ke menyerang bagus. Selanjutnya kami harus bekerja lebih keras dan menang melawan Timor Leste,” tambahnya.

Pada laga selanjutnya, Indonesia akan bertemu Timor Leste yang dilibas Thailand 0-7. Duel akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (13/11).

Comments