Pemain dengan Assist Terbanyak di Penyisihan Grup Piala AFF 2018

Sankalp Srivastava

Babak grup Piala AFF 2018 telah dilewati dan turnamen sekarang akan memasuki babak sistem gugur. Tetapi sebelum menyaksikan para semifinalis, mari kita lihat para pemain yang membantu para pencetak gol di turnamen kali ini.

Di sini, FOX Sports Asia melihat 8 pembuat assist teratas dari fase grup Piala AFF 2018…

Sos Suhana (Kamboja – 2 assist dalam 4 penampilan)

Sos Suhana adalah salah satu dari dua pemain Kamboja yang berhasil membuat assist di turnamen ini. Sang gelandang timnas Kamboja ini memberikan dua assist di turnamen, yang setengah dari gol yang dicetak oleh Kamboja (4 gol) dibantu oleh Sos.

Korrakot Wiriyaudomsiri (Thailand – 2 assist dalam 4 penampilan)

Bek kiri Thailand ini menjadi salah satu pemain terbaik dari fase grup turnamen, torehan dua assist dan satu golnya adalah bukti fakta performa apiknya kali ini. Tak hanya dari aspek menyerang saja, tetapi Korrakot juga memiliki sisi pertahanan yang solid dengan tingkat keberhasilan tekel 85,7% di turnamen ini. Dia meciptakan 26 umpan silang di babak penyisihan grup, ini adalah yang tertinggi untuk setiap pemain Thailand.

Riko Simanjuntak (Indonesia – 2 assist dalam 4 penampilan)

Dalam turnamen yang agak mengecewakan bagi Indonesia, Riko Simanjuntak adalah sedikit dari pemian yang bersinar di turnamen ini. Pemain sayap kanan ini bermain di empat pertandingan laga grup untuk skuat Garuda dan sempat menciptakan dua assist.

Dua assist yang dia dapatkan adalah fakta bahwa dia tidak sungkan untuk melakukan umpan silang sesuka hati. Riko melepaskan sebanyak 16 kali umpan silang dalam empat pertandingan.

Nguyen Anh Duc (Vietnam – 2 assist dalam 3 penampilan)

Pemain Vietnam itu berperan untuk timnya yang menduduki tempat teratas di grup A dan lolos ke semifinal turnamen dengan penampilan yang luar biasa. Dalam tiga penampilan, pemain berusia 33 tahun itu memberikan dua assist untuk rekan-rekannya.

Selain itu, ia mencetak juga dua gol, menyelesaikan babak penyisihan grup sebagai pencetak gol terbanyak bersama untuk Vietnam. Nguyen Anh Duc juga berhasil masuk di jajaran best XI versi kami dari babak penyisihan grup kali ini.

Kevin Ingreso (Filipina – 2 assist dalam 2 penampilan)

Gelandang 25 tahun ini hanya memainkan dua pertandingan untuk Azkals, dan menghabiskan 104 menit di lapangan, tetapi cukup berpengaruh untuk membuat dua assist sepanjang fase grup ini. Menjadi gelandang bertahan, Ingreso mmebuat dua sapuan (clearances) dan sebuah intersep sejauh ini.

Zulfahmi Arifin (Singapura – 2 assist dalam 2 penampilan)

Pemain asal Singapura berusia 27 tahun itu memulai dua pertandingan di turnamen dan mengantongi dua assist kali ini. Selain itu juga, ia memiliki persentase 85% dalam melakukan operan dan membuat tujuh operan kunci (key pass).

Hampir 75% dari operan Zulfahmi Arifin selalu tepat sasaran. Selain itu, ia menciptakan umpan silang tertinggi (18) untuk timnya, meski bermain hanya dua pertandingan saja.

Win Thein Than (Myanmar – 2 assist dalam 2 penampilan)

Bek kiri Myanmar ini adalah salah satu pemain yang membuat assist di tiap pertandingannya. Pemain berusia 36 tahun itu membuat dua assist dari tiga operan kunci (key pass) dan menciptakan 12 umpan silang. Jumlah tersebut membuat dia berada di dua pemain lainnya dalam urusan membuat umpan silang di tim nasional Myanmar.

Sanrawat Dechmitr (Thailand – 4 assist dalam 4 penampilan)

Sanrawat Dechmitr tidak diragukan lagi adalah salah satu pemain terbaik di babak penyisihan grup Piala AFF 2018 dan menduduki daftar teratas dalam urusan membuat assist. Gelandang serang skuat gajah perang tersebut dalam kondisi bagus, dan mampu menciptakan empat assist dalam fase grup ini.

Pemain berusia 29 tahun itu adalah pengumpan terbaik di Thailand, mampu menyelesaikan 185 dari 220 operan yang dia coba. Dia juga membuat 11 operan kunci (key pass) dan memiliki tingkat operan panjang yang sukses sebesar 71% sejauh ini.

Comments