Peringkat Kehadiran Laga Kandang Terbaik Dari Babak Penyisihan Grup Piala AFF 2018

Adwaidh Rajan

Piala AFF 2018 baru saja menyelesaikan tahap grupnya. Sekarang kita akan menuju ke ujung dari pagelaran ini dalam laga dua leg semifinal dan dua leg partai final nanti.

Tetapi sebelum lanjut ke sana, ini mungkin saat yang tepat untuk melihat kembali apa yang telah terjadi dalam kompetisi sejauh ini. Total 20 pertandingan di fase grup telah dimainkan lebih dari 10 hari dan masing-masing tim yang berpartisipasi masing-masing memainkan dua laga kandang dan dua laga tandang ke mmarkas lawan.

Jadi, kami memutuskan untuk mencari tahu tim mana yang memiliki dukungan yang terbanyak di turnamen ini dengan melihat jumlah total penonton yang mereka dapat kumpulkan di dua pertandingan kandang mereka di babak grup.

Dan kami punya beberapa kejutan untuk Anda!

# 10 Filipina – 7.849

Munculnya ide memindahkan laga kandang timnas Filipina ke Bacolod dari Manilla adalah dimaksudkan untuk menarik lebih banyak penonton ke stadion. Namun sayangnya, pemindahan ini lebih banyak mendatangkan rintangan logistik untuk skuat Azkals, para tamu/lawan mereka dan juga untuk penyelenggara turnamen. Pemindahan laga kandang tersebut tidak memiliki efek yang diinginkan, karena Filipina mencatat kehadiran terendah di fase grup turnamen ini.

 

Stadion Panaad memiliki kapasitas sekitar 10.000, tetapi hanya 4.327 yang hadirl untuk pertandingan kandang pertama mereka melawan Singapura pada 13 November silam. Penyelenggara laga kandang timnas berharap penonton akan ikut meningkat seiring penampilan baik timnasnya di ajang ini, namun mereka berada dalam kekecewaan saat mereka bermain imbang 1-1 melawan Thailand dengan hanya dihadiri 3.522 suporter saja kala itu.

# 9 Timor-Leste – 9.076

Mempertimbangkan fakta bahwa Timor-Leste tidak memainkan pertandingan kandang mereka di negara mereka sendiri tetapi di Bangkok dan Kuala Lumpur, mereka mungkin seharusnya menjadi yang terakhir dalam daftar ini. Tapi bukan itu masalahnya.

Dan berkat kenyataan bahwa mereka memainkan “pertandingan kandang resmi” pertama mereka melawan Thailand di Bangkok, tercatat ada 8.764 suporter yang hadir, dan seperti yang kita tahu, hampir seluruhnya adalah suporter dari Thailand itu sendiri.

Namun, angka kehadiran penonton dari game kedua mereka muncul sebagai kenyataan, karena tercatat sebanyak 312 suporter hadir menyaksikan mereka saat meladeni Filipina di Kuala Lumpur.

# 8 Laos – 16,294

Laos memainkan pertandingan kandang mereka di Stadion Nasional Laos dengan kapasitas 25.000 di Vientiane. Namun dukungan yang mereka dapatkan untuk dua pertandingan kandang mereka, sangatlah kontras.

Dalam pertandingan kandang pertama mereka pada 8 November silam, sebanyak 15.000 suporter hadir untuk menonton timnas mereka kalah 3-0 melawan tim favorit turnamen, Vietnam.

Namun, angka itu turun drastis menjadi 1.294 ketika mereka kembali ke kandang mereka setelah kekalahan melawan Malaysia sebelumnya. Laos kalah lagi di kandang untuk yang kedua kalinya oleh Myanmar, dan respon dari para fans pun bahkan lebih mengecewakan dari hasil negatif tersebut.

# 7 Indonesia – 30,574

Indonesia memang diharapkan memiliki penonton terbesar dan paling vokal di Piala AFF 2018. Sebelum pertandingan kandang pertama mereka melawan Timor-Leste, sebagian besar suporter menyerukan boikot laga ini karena performa timnas mereka yang buruk akhir-akhir ini. Dan pada akhirnya, efeknya terihat di tribun karena hanya 15.138 suporter yang hadir untuk menghibur Tim Garuda.

Tidak banyak peningkatan dalam pertandingan kandang kedua mereka juga, saat melawan Azkals Filipina, tercatat hanya 15.436 orang berada di tribun saat itu.

# 6 Singapura – 49.191

Tim nasional Singapura sejujurnya menampilkan performa yang baik di Piala AFF 2018 kali ini meski harus rela tak lolos di fase grup, dan fans mereka pun tidak mengecewakan karena hadir dalam jumlah yang baik untuk menghibur skuat The Lions.

Pertandingan kandang pertama mereka melawan Indonesia menghadirkan sekitar 30.783 suporter yang hadir, sementara pertandingan kedua melawan tim kecil Timor-Leste, tercatat ada 18.408 suporter yang datang.

# 5 Vietnam – 54.000

Para pemain yang menonjol di turnamen ini pastinya bangga dengan penampilan mereka di dalam dan di luar lapangan karena penampilan brilian mereka dilengkapi oleh dukungan suporter mereka yang cukup gencar di Stadion My Dinh di Hanoi.

Kemenangan Vietnam 2-0 atas Malaysia ditonton oleh 40.000 orang yang membentuk lautan merah saat itu. Meskipun, kehadirannya hanya 14.000 untuk pertandingan kandang keduanya, namun mereka berharap jumlah penonton aakan melonjak lagi ketika mereka menghadapi Filipina di leg kedua semifinal di Hanoi pada 6 Desember mendatang.

# 4 Myanmar – 56.900

Myanmar memainkan pertandingan kandang mereka di dua tempat – yang pertama di Stadion Mandalarthiri di Madalay dan yang kedua di Stadion Thuwunna di Yangon. Dan kedua kota itu tidak mengecewakan timnasnya untyk datang mendukung timnas mereka di turnamen tahun ini.

Sekitar 26.946 suporter hadir dalam kemenangan 4-1 mereka atas Kamboja di Mandalay sementara 29.954 hadir di Yangon untuk hasil imbang tanpa gol melawan Vietnam. Sayang sekali kami tidak akan melihat lagi dukungan fantastis mereka di fase gugur Piala AFF 2018 kali ini.

# 3 Kamboja – 59.435

Skuat tim nasional Kamboja mungkin akan melupakan penampilan mereka di turnamen dua tahunan ini, tetapi penggemar mereka adalah salah satu yang terbaik di Piala AFF 2018.

Sekitar 34.350 penggemar dari Angkor Warriors, hadir untuk menyaksikan kekalahan tipis mereka dari Malaysia di Stadion Olimpiade Phnom Penh pada hari pembukaan turnamen, sementara 25.000 pendukung lainnya lainnya berada di tribun untuk kemenangan 3-1 mereka atas Laos.

# 2 Thailand – 67.333

Stadion Rajamangala di Thailand telah menjadi sorotan di Piala AFF 2018 sejauh ini dan memiliki total kedatangan 67.333 suporter dari dua pertandingan kandang, yang tertinggi kedua dalam kompetisi ini.

Laga kandang pertama skuat Gajah perang saat melawan Indonesia, dipenuhi oleh kerumunan 37.570 penonton. Pertandingan kandang kedua, yang berlangsung pada hari terakhir dari babak grup, melihat mereka mengalahkan Singapura 3-0 di depan 29.763 suporter saat itu.

# 1 Malaysia – 95.904

Dan di bagian teratas daftar ini, adalah Malaysia yang mencatat total kehadiran 95.904 suporter di dua laga kandang mereka di Bukit Jalil. Kehadiran para suporter di Stadion Nasional Bukit Jalil di Kuala Lumpur dalam pertandingan kandang pertama mereka melawan Laos  tercatat cukup rendah, hanya 12.127 penggemar saja.

Tapi jumlah mereka meroket di pertandingan kedua melawan Myanmar ketika tribun stadion diisi hingga penuh oleh 83.777 penggemar – kehadiran tertinggi di edisi Piala AFF 2018 tahun ini.

Kami tak sabar menunggu hadirnya malam 1 Desember nanti, ketika Malaysia akan menghadapi Thailand di Kuala Lumpur untuk menghidupkan kembali atmosfer yang luar biasa itu!

Comments