Tahan Imbang Thailand, Malaysia Lolos Ke Final Piala AFF 2018

Pertemuan pertama yang berakhir 0-0 di Kuala Lumpur akhir pekan lalu antara timnas Malaysia dan timnas Thailand membuat laga leg kedua semifinal kali ini berjalan lebih seru. Kedua tim diprediksi mati-matian mencari gol pembuka untuk membuka asa mereka lolos ke partai final.

Thailand berhasil mencuri gol pembuka, saat pemain bertahan Malaysia yang baru masuk, Irfan Zakaria menbuat gol bunuh diri di menit ke-21. Namun meski tertinggal, Malaysia balik mengancam Thailand dan menciptakan gol balasan tujuh menit kemudian lewat sepakan spektakuler Syahmi Safari. Babak pertama berkahir imbang 1-1.

Malaysia sebetulnya hanya butuh hasil imbang 1-1 ini saja untuk lolos karena unggul agregat gol atas Thailand. Namun itu bukanlah pekerjaan mudah karena Thailand kembali unggul lewat Pansa Hemviboon di menit ke-63.

Skuat Malaysia arahan Tan Chen Hoe ini memang luar biasa. Mereka selalu pantang menyerah ketika tertinggal. Penyerang gaek Norshahrul Idlan kembali menyamakan kedudukan menjadi 2-2 di menit ke-71 atau berselang delapan menit dari gol Hemviboon sebelumnya.

Skuat gajah perang sendiri sebetulnya bisa saja lolos ke final andai sepakan penalti Adisak Kraisorn tak melambung tinggi di atas mistar gawang Malaysia yang dijaga oleh Farizal Marlias. Skor 2-2 bertahan dan Malaysia resmi lolos ke final dan menunggu pemenang antara Vietnam dan Filipina saja nanti.

(Sumber gambar utama: FB Changsuek)

Comments