Pecundangi Filipina, Vietnam Melaju Ke Final Piala AFF 2018

MyDinh National Stadium menjadi saksi keunggulan tim tuan rumah kali ini. Vietnam yang datang ke leg kedua semifinal AFF 2018 dengan keunggulan 2-1 di leg pertama atas Filipina membuat Nguyen Quang Hai dkk berada di atas angin.

Filipina yang ingin mengejar ketertinggalan, bahkan sampai harus mengubah formasinya dari 4-5-1 yang biasa mereka pakai menjadi 3-4-3 kali ini. Vietnam sendiri cukup konsisten dengan formasi 5-3-2 milik mereka.

Meski begitu, Filipina tetap saja dalam kondisi tertekan dan sulit membuat peluang. Bayangkan saja, Vietnam menciptakan 14 percobaan dan 6 diantaranya tepat sasaran. Sedangkan Filipina hanya membuat 5 kali dan hanya sekali saja tepat sasaran ke arah gawang lawan.

Babak pertama yang berakhir 0-0  sebetulnya tak terlalu berpengaruh bagi Vietnam yang sudah unggul aggregat 2-1 sebelumnya. Awal-awal babak kedua pun masih belum ada gol tercipta. Kondisi ini terjaga hingga akhirnya Nguyen Quang Hai berhasi menyambar umpan silang rekannya di depan gawang pada menit ke-83.

Tak cukup dengan 1-0, Vietnam menambah penderitaan Filipina lewat gol Nguyen Cong Phuong pada menit ke-87. The Azkals akhirnya bisa membalas lewat James Younghusband, namun tak berarti apapun karena Vietnam resmi lolos ke final dengan keunggulan agregat 4-2. Vietnam dijadwalkan akan melawan Malaysia di final Piala AFF 2018 pada tanggal 11 dan 15 Desember nanti.

Comments